Kompas TV religi beranda islami

Tempat Zikir yang Dibenci Allah dan Sebaiknya Dihindari, Mana Saja?

Kompas.tv - Diperbarui 23 September 2022, 15:47 WIB
tempat-zikir-yang-dibenci-allah-dan-sebaiknya-dihindari-mana-saja
Fotp ilustrasi seorang yang zikir dan doa. Ada juga tempat yang dibenci Allah saat zikir (Sumber: Pexels)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zikir adalah perkara ibadah yang dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT. Namun, ada beberapa tempat dan kondisi yang justru dibenci oleh Allah untuk berzikir.

Paling tidak ada dua tempat yang dibenci oleh Allah sebagai tempat zikir. Mending, hindari saja dan pilih tempat maupun kondisi yang lain. Tempat itu bisa di masjid, musala, bahkan di rumah.

Baca Juga: Dua Zikir dari Alquran untuk Jumat Sore Agar Doa-doa Dikabulkan

Nah, bagaimana kita bisa mendekatkan diri kepada-Nya jika kita justru memilih tempat yang salah untuk zikir? Berikut ini adalah tempat yang dibenci Allah ketika digunakan untuk zikir.

Dua tempat dibenci Allah untuk Zikir

Pertama, zikir ketika sedang buang hajat

Seharusnya, ketika buang hajat baiknya tidak melakukan zikir. Bahkan, ketika berada di toilet, kita dianjurkan untuk tidak berlama-lama karena itu merupakan tempat yang kotor.

Hukumnya makruh, artinya mending tidak dilakukan saja karena tidak akan mendapatkan pahala zikir. Bahkan, dalam sebuah hadis Nabi disebutkan, toilet ini merupakan tempat Jin dan untuk itu dianjurkan untuk dipercepat saja.

Baca Juga: Jangan Berlama-lama di Toilet, Bisa-bisa Didatangin Jin

Kedua, zikir saat mendengar khutbah jumat

Ini merupakan perkara yang sering kali diabadikan. Zikir ketika khutbah Jumat justru sangat tidak dianjurkan. Kita disuruh untuk mendengarkan dengan seksama khutbah Jumat. Ini juga terkait etika seorang muslim.

Lalu, kapan baiknya zikir di salat Jumat itu?

ZIkir bisa bisa dilakukan sebelum atau sesudah khutbah. Bahkan disunnahkan untuk memperbanyak zikir ketika Jumat tiba. Zikir di hari itu begitu banyak keberkahan dan kebaikan.

Baca Juga: Doa Rasulullah di Hari Jumat, Bisa Lebur Dosa-dosa Tak Terhingga

Zikir Jumat ketika khutbah benar-benar tidak disarankan. Lebih baik fokus untuk mendengarkan isi khutbah dari Sang Khatib yang pastinya penuh dengan hikmah dan kebaikan yang bisa kita serap untuk memperdalam pemahaman kita tentang Islam.

Namun, zikir dilarang di Khutbah ini tidak lantas pas salat Jumat belaka, tapi juga di pelbagai kesempatan khutbah dalam salat lain seperti Khutbah Hari Raya Idulfitri dan Iduladha. Ini termasuk dalam bab etika dalam ilmu Fiqih.

Itulah tempat-tempat yang dibenci Allah untuk zikir. Sebaiknya dihindari. Kita bisa memperbanyak zikir di tempat lain yang tentunya lebih berpotensi tidak dibenci oleh Allah SWT.

Wallahu a’lam.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x