Kompas TV internasional kompas dunia

Curiga Nuklir Bocor, China Desak AS Jelaskan Insiden Tabrakan Kapal Selam di Laut China Selatan

Rabu, 20 Oktober 2021 | 06:44 WIB
curiga-nuklir-bocor-china-desak-as-jelaskan-insiden-tabrakan-kapal-selam-di-laut-china-selatan
Kapal selam USS Illinois (SSN 786) pulang ke Pangkalan Pearl Harbor-Hickam dari penempatan pada 13 September 2021. Pada Sabtu, 2 Oktober 2021, kapal selam AS USS Connecticut menabrak objek bawah laut di Laut China Selatan hingga membuat beberapa awak terluka. (Sumber: Associated Press)

BEIJING, KOMPAS.TV – China mendesak Amerika Serikat (AS) menjelaskan dengan rinci dan transparan perihal insiden tabrakan kapal selam USS Connecticut dengan objek tak dikenal di wilayah perairan Laut China Selatan.

Hal itu diungkap Kementerian Pertahanan Nasional China pada Selasa (19/10/2021) seperti dilansir Global Times.

“Untuk waktu yang lama, di bawah slogal ‘kebebasan navigasi dan penerbangan’, AS telah sering mengirimkan platform senjata canggih seperti kapal induk, pengebom strategis dan kapal selam nuklir di Laut China Selatan untuk memamerkan kekuatannya dan menimbulkan masalah, yang mengancam secara serius keamanan nasional kawasan dan meningkatkan tensi kawasan,” ujar Tan Kefei, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China.

Pada 8 Oktober, laporan media menyebut kapal selam bertenaga nuklir AS, USS Connecticut, menabrak objek tak dikenal di bawah Laut China Selatan pada 2 Oktober.

Baca Juga: Kapal Selam AS Menabrak Objek Bawah Laut di Laut Cina Selatan

Angkatan Laut (AL) AS mengonfirmasi insiden itu dengan menyebut bahwa kapal selam kelas Seawolf itu tetap berada dalam kondisi stabil dan aman setelah menabrak objek tak dikenal. Pembangkit nuklir dalam kapal selam tidak terpengaruh, imbuh AL AS, tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Namun, Tan menuding AL AS sengaja menunda informasi dan menutup-nutupi detail insiden itu.

“Butuh 5 hari bagi AL AS setelah insiden itu untuk memberi pernyataan singkat yang tak jelas,” sindir Tan tajam.

“Pendekatan tak bertanggung jawab dan kurangnya transparansi ini dengan mudah dapat menimbulkan kesalahpahaman dan kesalahan penilaian. China dan negara-negara tetangga di Laut China Selatan harus mempertanyakan kebenaran dan maksud di balik insiden itu.”

Baca Juga: Indonesia dan Malaysia Kompak Suarakan Kekhawatiran atas Rencana Kapal Selam Nuklir Australia

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Global Times



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19