Kompas TV regional agama

Malam Ini, MUI DKI Imbau Warga Semarakkan Masjid dan Mushola untuk Maulid Nabi Muhammad 1443 H

Senin, 18 Oktober 2021 | 14:49 WIB
malam-ini-mui-dki-imbau-warga-semarakkan-masjid-dan-mushola-untuk-maulid-nabi-muhammad-1443-h
Surat edaran MUI Provinsi DKI tentang perayaan Maulid Nabi Muhammad 1443 H di Jakarta, mulai malam ini (Sumber: MUI DKI Jakarta )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada warga untuk menyemarakkan malam Maulid Nabi Muhammad mulai malam Ini, Senin 17 Oktober 2021.

Imbuan tertuan dalam surat edaran bernomor A-2/DP-PXIV/2021 dan ditanda tangani oleh KH Munawar Muhtar HS ketua Umum dan KH Yusuf Aman MA selaku sekretaris MUI DKI Jakarta.

“Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada para ketua MUI kota dan kabupaten administrasi se-DKI Jakarta dan para ketua MUI Kecamatan se-DKI Jakarta agar meramaikan masjid dan mushola di wilayah DKI Jakarta dengan melaksanakan Maulid Nabi Muhammad SAW,” begitu tulis edaran MUI DKI sebagaimana dilihat KOMPAS TV.

Baca Juga: Deret Kontroversi Digesernya Libur Maulid 2021: Cegah Orang Bolos Senin hingga Pelajaran Kasus India

Lebih spesifik surat edaran memberikan waktu terkait pelaksanaan Maulid Nabi, yakni usai salat Magrib hingga waktu Isya bertempat di masjid dan musholla di wilayah masing-masing.

Maulid Nabi 12 Rabiul Awal 1443 Hijiryah sendiri jatuh pada hari Rabu, 18 Oktober. Pemerintah lewat Kementerian Agama menggeser hari libur yang seharusnya jatuh pada hari Rabu menjadi hari Kamis 19 Oktober.  

Secara terpisah, Anwar Abbas dari MUI Pusat mengingatkan warga yang hendak menyemarakkan Maulid Nabi Muhammad SAW di tahun ini agar senantias taat prokes dan mengutamakan keselamatan. Bahkan, ia mengingatkan jangan sampai ada klaster Maulid Nabi terjadi. 

"Menyelenggarakan acara Maulid Nabi jelas baik. Tapi jangan sampai gara-gara mengikuti acara tersebut, klaster baru penularan virus terbentuk kembali sehingga masalah yang kita hadapi membuat kehidupan kita kembali terpuruk dan itu tentu jelas tidak kita inginkan," kata Anwar.

Baca Juga: Jangan Sampai Muncul Klaster Baru karena Maulid Nabi, MUI Ingatkan Masyarakat Tetap Hati-hati

 

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:43
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19