Kompas TV religi beranda islami

5 Khasiat Pisang, Salah Satu Buah yang Namanya Disebut dalam Alquran

Kompas.tv - 10 Oktober 2021, 17:06 WIB
5-khasiat-pisang-salah-satu-buah-yang-namanya-disebut-dalam-alquran
Pisang adalah salah satu buah yang namanya disebut dalam Alquran (Sumber: Dok Pribadi/Mutie Aryanti)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak banyak buah yang namanya disebut dalam Alquran. Pisang adalah salah satu buah yang tercatat dalam Alquran. Tentu ada yang istimewa dengan pisang sampai-sampai namanya disebut dalam kitab suci.

Pisang ditemukan dalam surat Al-Waqiah ayat 29. Surat Al-Waqiah sendiri merupakan surah ke-56 dalam Alquran dan terdiri dari 96 ayat. "Waqiah" bermakna "kiamat" dan diambil dari ayat pertama surat ini.

Allah SWT berfirman yang artinya: "Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)."

Buah ini juga gampang sekali ditemukan di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Kita tinggal melangkahkan kaki ke toko swalayan terdekat atau pasar jika ingin menemukan buah ini.

Bahkan, tak jarang, orang Indonesia memiliki kebun atau pohon pisang di rumahnya. 

Lantas, apa yang membuat pisang jadi buah yang istimewa?

Ternyata pisang yang memiliki nama latin Musa Paradisiaca memiliki banyak sekali manfaat dalam tubuh jika rutin dikonsumsi.

Cara konsumsinya bisa dengan dikukus, goreng atau diolah bersama masakan lain. Paling bagus dikonsumsi langsung secara alami.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, paling tidak ada lima khasiat pisang bagi tubuh kita jika rutin dikonsumsi.

Pertama, membantu mengatasi hipertensi.

Pisang memiliki kandungan kalium yang ternyata sangat bagus untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Efeknya, tekanan darah bisa stabil.

Kedua, meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan Vitamin A, C dan B6 dalam pisang ternyata berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan infeksi. Efeknya, tubuh kian kuat dan tidak cepat lemas.

Baca Juga: 4 Jenis Buah Ini Tercatat dalam Al Quran, Rasanya Enak dan Gampang Ditemukan di Indonesia

Ketiga, menyehatkan tulang.

Ternyata pisang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi. Efeknya bisa membantu menyehatkan tulang, apalagi jika rutin dikonsumsi

Keempat, melancarkan aliran oksigen ke otak.

Kandungan potassium dan mineral yang tinggi dalam pisang ternyata bagus untuk menjaga fungsi hati dan sirkulasi darah. Jika sirkulasi ke otak terjaga dengan baik, penyakit lain seperti stroke maupun hipertensi bisa dicegah.

Kelima, mengatasi anemia.

Dalam pisang terkandung zat besi sehingga bagus bagi mereka yang kekurangan darah merah. Fungsinya untuk pembentukan hemoglobin atau protein yang di dalamnya terdapat zat besi.

Demikianlah beberapa khasiat pisang, buah yang tertulis dalam Alquran.

Semoga dengan mengetahui khasiat-khasiatnya, kita semakin rajin mengonsumsi pisang.

Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x