Kompas TV nasional sosial

Anies Sebut Revitalisasi Masjid Al Mansur Komitmen DKI Rawat Situs Sejarah Perjuangan Bangsa

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 22:47 WIB
anies-sebut-revitalisasi-masjid-al-mansur-komitmen-dki-rawat-situs-sejarah-perjuangan-bangsa
Empat pilar yang ada di dalam Masjid Al Mansur. Secara keseluruhan bangunan masjid Al Mansur yang berdiri di jalan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat, belum banyak berubah, Kamis (7/6/2018). (Sumber: Tribun Jakarta/Elga Hikari Putra)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta berkomitmen menjaga dan merawat situs-situs yang memiliki nilai sejarah dan perjuangan bangsa. 

Mulai dari kediaman para pahlawan, gedung pertemuan, hingga rumah ibadah. Seperti Masjid Al Mansur yang berdiri di Jalan Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, Pemprov DKI akan melakukan revitalisasi terhadap Masjid Al Mansur yang memiliki catatan sejarah dan berpengaruh besar dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Masjid Al Mansur Tambora Mulai Direvitalisasi, Anies Baswedan: Ini Tempat Kebangkitan Umat

Anies menyatakan, masjid yang didirikan tahun 1717 ini menjadi salah satu tempat pengibaran bendera Merah Putih di awal kemerdekaan.

Kala itu, tidak banyak tempat yang mengibarkan bendera Merah Putih. Namun, Guru Mansur mengibarkan bendera Merah Putih di masjid yang awalnya diberi nama Masjid Jami Kampung Sawah.

Guru Mansur diketahui kerap berurusan dengan kepolisian Belanda era kemerdekaan lantaran kerap mengibarkan bendera Merah Putih di menara masjid. 

Menurut Anies, dengan latar sejarah serta kondisi masjid yang membutuhkan pembaruan, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk melakukan revitalisasi agar masjid yang memiliki perpaduan arsitekur budaya Jawa, Tiongkok, Arab dan Betawi ini dapat terus berdiri kokoh, serta dimanfaatkan untuk generasi selanjutnya.

Baca Juga: Jadi Program Prioritas Anies, JIS dan Revitalisasi TIM Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

"Masjid ini (Al Mansur) harusnya bukan hanya dirawat, tetapi dipastikan anak kita dan anak dari anak-anak kita dapat melihat masjid ini berdiri tegak. Maka dari itu kami putuskan revitalisasi. Jangan sampai empat pilar ini keropos dan akhirnya kita menyesal. Maka dari itu disiapkan dengan baik sehingga insya Allah dapat selesai sebelum puasa tahun depan," ujar Anies usai salat Jumat di Masjid Al Mansur, Jumat (8/10/2021), seperti dikutip siaran pers PPID DKI Jakarta. 

Anies menambahkan, revitalisasi Masjid Al Mansur ini sebagai komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk merawat berbagai objek sejarah di Jakarta. 

Selain masjid, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta juga melakukan revitalisasi terhadap Gereja Immanuel. 

Baca Juga: Revitalisasi JPO, Dinas Perhubungan DKI Terapkan Rakayasa Lalu Lintas Transjakarta Mulai 10 Juni



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x