Kompas TV nasional peristiwa

Masjid Al Mansyur Tambora Mulai Direvitalisasi, Anies Baswedan: Ini Tempat Kebangkitan Umat

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 16:45 WIB
masjid-al-mansyur-tambora-mulai-direvitalisasi-anies-baswedan-ini-tempat-kebangkitan-umat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian mulainya revitalisasi Masjid Al Mansyur, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (8/10/2021). (Sumber: Kompas TV/Ant/Walda)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan revitalisasi Masjid Al Mansyur Tambora di Jakarta Barat mulai Jumat (8/10/2021). Ia mengatakan, revitalisasi ini untuk mempertahankan nilai sejarah tempat ibadah itu.

"Kami ingin semua tempat ibadah di Jakarta yang punya sejarah dirawat, dikembangkan, direvitalisasi seperti Masjid Al-Mansyur," ujar Anies di Masjid Al Mansyur, dikutip dari Antara.

Pemprov DKI Jakarta memilih Masjid Al-Mansyur dalam proyek revitalisasi itu karena menganggap tempat ibadah ini adalah bangunan bersejarah. 

Baca Juga: 24 Jam Terakhir DKI Jakarta Nol Permintaan Pemakaman Covid-19, Anies: Hari yang Patut Disykuri!

Masjid ini menjadi salah satu tempat pengibaran bendera merah putih di awal kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain itu, selama 300 tahun tempat ini menjadi salah satu pusat pengembangan ajaran Islam di ibu kota. 

"Tempat ini adalah tempat perjuangan, tempat pendidikan, tempat kebangkitan umat yang bermanfaat lintas zaman," ujar Anies.

Menurut Anies, revitalisasi ini akan menghabiskan waktu beberapa bulan dan diharapkan selesai pada Mei atau Juni 2022.

Anies berharap proses revitalisasi berjalan lancar, sehingga warga setempat bisa segera beribadah dan berkegiatan kembali di masjid itu. 

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Mansyur Afiif Ahmadi Mansur memuji upaya Anies untuk merevitalisasi masjid bersejarah itu. 

Afiif menyebut, pihaknya telah berencana melakukan revitalisasi masjid sejak era gubernur sebelumnya. Namun saat itu revitalisasi tidak juga bisa dilakukan.

Afiif, yang juga merupakan cicit pendiri Masjid Al-Mansyur, mengaku telah menerima gambaran bentuk masjid setelah revitalisasi. Akan tetapi, ia belum dapat menjelaskan secara detail terkait desain masjid tersebut. 

Walau begitu, ia memastikan bahwa selama revitalisasi, masyarakat tetap dapat melaksanakan kegiatan keagamaan di masjid, kecuali shalat Jumat. 

"Kalau kata arsiteknya bilang masih bisa dipakai untuk sholat lima waktu. Tapi kalau sholat Jumat tidak bisa, jadi kita shalat di depan," kata Anies Baswedan.

Baca Juga: Profile Oddie Agam, Pencipta Lagu "Antara Anyer dan Jakarta" Kini Terbaring Lemah di RS



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x