Kompas TV regional berita daerah

Capaian Vaksinasi Rendah, PPKM di Sejumlah Daerah Naik Level 3

Kompas.tv - 8 Oktober 2021, 11:37 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER – SUMENEP, KOMPAS.TV - Karena capaian vaksinasi masih dibawah 50 persen, sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur kembali berstatus PPKM level 3. Dua diantaranya adalah Kabupaten Jember dan Sumenep.

Setelah satu bulan berada di status PPKM level 2, Kabupaten Jember kembali naik berada di PPKM level 3. Kenaikan status terjadi karena percepatan vaksinasi masih dibawah 50 persen, yakni berkisar 26 persen dari target penyelesaian 1,9 ratus jiwa.

Baca Juga: Pemkab Jember Genjot Capaian Vaksinasi Covid-19, 707 Ribu Orang Sudah Divaksin

Kenaikan status itu membuat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat kembali diperketat, seperti menutup sejumlah jalan protokol kota dan pembatasan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Lilik Lailiyah mengatakan untuk menurunkan status PPKM, pemerintah akan menggencot capaian vaksinasi dengan bersinergi bersama semua pihak, terutama pemerintah pusat untuk pemenuhan pasokan vaksin.

Baca Juga: Ribuan Buruh Perkebunan Beserta Keluarga Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Hal serupa juga dialami Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Kabupaten di ujung timur Pulau Madura itu  kembali berstatus PPKM level 3 setelah berada di level 2. Hal itu terjadi karena capaian vaksinasi masih rendah, yakni tidak sampai 20 persen. Bahkan Kabupaten Sumenep menjadi kabupaten ketiga terendah se Jawa Timur dalam capaian vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menyebutkan bahwa kenaikan status PPKM itu membuat pelaksanaan pemilihan kepala desa kembali diundur hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Satgas Covid-19 setempat akan berupaya mempercepat vaksinasi dengan melibatkan semua pihak, termasuk TNI dan Polri.

Baca Juga: Sudah Sebulan PTM Digelar, Namun Capaian Vaksinasi Pelajar Masih Rendah

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, salah satu indikator pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat adalah capaian vaksinasi. Jika masih dibawah 50 persen, maka bisa berstatus level 3.

 

#ppkmlevel3 #vaksinasi #covid-19 #capaianvaksinrendah #jember #sumenep



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x