Kompas TV regional peristiwa

Capaian Vaksinasi Jadi Indikator PPKM, 12 Wilayah di Jateng Justru Naik ke Level 3

Kompas.tv - 7 Oktober 2021, 10:59 WIB
capaian-vaksinasi-jadi-indikator-ppkm-12-wilayah-di-jateng-justru-naik-ke-level-3
Ilustrasi pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 18 Oktober 2021.

Namun dalam masa perpanjangan ini, terdapat 12 daerah di Jawa Tengah yang justru mengalami kenaikan level, dari 2 ke level 3. 

Adapun capaian vaksinasi Covid-19 yang dijadikan sebagai indikator dalam penilaian level PPKM di suatu wilayah, disebut menjadi salah satu penyebab naiknya level di daerah tersebut. 

"Penyebabnya mulai minggu ini diberlakukan vaksinasi sebagai indikator leveling," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Yulianto menambahkan, daerah di Jateng naik level 3 karena syarat minimal cakupan vaksinasi total 50 persen dan lansia 40 persen belum tercapai. 

Seperti diketahui, pencapaian target cakupan vaksinasi tersebut sangat penting karena vaksinasi telah terbukti menekan risiko keparahan dan kematian jika terpapar Covid-19.

Yulianto kemudian menjelaskan dalam pedoman penetapan level wilayah yang menyebutkan penurunan dari level 3 ke level 2 yaitu capaian vaksinasi total minimal 50 persen dan vaksinasi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) harus mencapai 40 persen.

Sedangkan untuk bisa turun dari Level 2 ke Level 1, cakupan vaksinasi dosis pertama harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

Selain itu wilayah aglomerasi untuk indikator capaian vaksinasi penilaian mengikuti Kabupaten Kota dengan capaian vaksinasi terendah.

Baca Juga: Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 1-3 di Jawa-Bali hingga 18 Oktober 2021

Berikut 12 daerah di Jatneg yang berubah level dari 2 ke 3:

  1. Kabupaten Temanggung
  2. Kabupaten Rembang
  3. Kabupaten Pemalang
  4. Kabupaten Pati
  5. Kabupaten Kudus
  6. Kota Pekalongan
  7. Kabupaten Banjarnegara
  8. Kabupaten Pekalongan
  9. Kabupaten Jepara
  10. Kabupaten Grobogan
  11. Kabupaten Blora
  12. Kabupaten Batang

Baca Juga: Vaksinasi Lansia Tak Penuhi Target, Kota Pekalongan Kembali ke PPKM Level 3



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x