Kompas TV olahraga kompas sport

Tembus Tim Barcelona dan Dipanggil Spanyol di Usia 17 Tahun, Siapakah Pablo Gavi?

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 21:32 WIB
tembus-tim-barcelona-dan-dipanggil-spanyol-di-usia-17-tahun-siapakah-pablo-gavi
Pemain Barcelona, Gavi berlatih bersama Timnas Spanyol jelang semifinal UEFA Nations League kontra Italia, Kamis (7/10/2021) dini hari waktu Indonesia. (Sumber: Antonio Calanni/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BARCELONA, KOMPAS.TV - Awal musim 2021/22 adalah periode suram Barcelona. Blaugrana terus didera hasil negatif dan seruan pemecatan Ronald Koeman semakin kencang. Namun, setidaknya ada hikmah positif yang bisa diambil di tengah periode ini, yakni munculnya seorang pemain muda bernama Pablo Gavi.

Pemain bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira ini telah tampil tujuh kali untuk tim senior Barcelona. Dalam lanjutan La Liga Spanyol kontra Granada, 20 September 2021, Gavi menyumbang satu asis yang membuat Barcelona batal kalah.

Penampilan Pablo Gavi pun membuat pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique kepincut. Ia memanggil sang pemain ke skuad La Furia Roja yang akan menghadapi Italia di semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari waktu Indonesia.

Baca Juga: Tak Pikirkan Rumor Kepindahannya ke Barcelona, Roberto Martinez Fokus Bersama Timnas Belgia

Melansir catatan Transfermarkt, Ronald Koeman biasa memasang Gavi di pos gelandang tengah/serang atau sayap kiri. “Dia [Gavi] punya tempat di tim ini,” kata pelatih asal Belanda itu dikutip BBC.

Pablo Gavi berasal dari Sevilla. Ia masuk ke akademi Real Betis hingga usia 11 tahun ketika Barcelona menggaetnya ke La Masia. Sang pemain berhasil menunjukkan perkembangan cepat di akademi.

Gavi disebut memiliki kemampuan teknis dan kemampuan membaca ruang yang unggul di usia muda. Bersama Pedri, Ansu Fati, serta Nico Gonzalez, pemain berusia 17 tahun tersebut diharap bisa menjadi bintang masa depan Barcelona.

Luis Enrique sendiri menyebut Pablo Gavi sudah cukup layak bersaing di timnas senior Spanyol. Ia pun membuka kemungkinan sang pemain untuk diturunkan sejak menit pertama lawan Italia.

“Saya tahu dia sejak bertahun-tahun lalu. Melihat bagaimana ia bermain, saya tak ragu bahwa ia dapat menjadi pemain yang sangat penting bagi klub dan tim nasional,” kata eks pelatih Barcelona tersebut.

“Apakah ini terlalu dini? Ya, mungkin saja. Namun usia itu tidak penting, yang penting adalah sikap Anda, dan apakah Anda bisa beradaptasi dengan permintaan pelatih,” tegasnya.

Baca Juga: UEFA Nations League: Luis Enrique Termotivasi Bawa Spanyol Kalahkan Italia di San Siro


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x