Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Mudah Tumpas Karang Gigi dengan Bahan-bahan Rumahan, Bisa Dicoba

Kompas.tv - 6 Oktober 2021, 13:42 WIB
cara-mudah-tumpas-karang-gigi-dengan-bahan-bahan-rumahan-bisa-dicoba
Ilustrasi karang gigi (Sumber: via Kompas.com)
Penulis : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kesehatan gigi merupakan satu hal yang tidak boleh diabaikan. Sebab kesehatan gigi yang buruk juga bisa mengancam nyawa.

Salah satu yang tak bisa disepelekan adalah plak gigi atau karang gigi. Plak sebenarnya dibentuk oleh garam mineral, sisa makanan, dan residu lainnya yang memfasilitasi pertumbuhan bakteri. Karang gigi menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Jika didiamkan, karang gigi bisa membahayakan. Efek buruknya yakni radang gusi, risiko gigi tanggal, dan bahkan dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Hal itu bisa terjadi karena plak gigi bisa masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan reaksi peradangan. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan dan penyumbatan pembuluh darah.

Baca Juga: Diet Telur, Berat Badan Turun 5 Kg Hanya dalam 7 Hari

Karena itu, penting diketahui bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan cara mudah dan murah. Tidak perlu ke dokter, karang gigi bisa ditumpas dengan bahan rumahan seperti dilansir dari intisari.grid.id.

Jus lemon

Jus lemon memiliki sifat asam dan antibakteri yang membantu mendisinfeksi gigi yang terkena plak. Caranya, panaskan 1/4 gelas air dan tambahkan 1/2 jus lemon. Lalu berkumurlah dengan bilas lemon selama satu menit sekali sehari.

Cengkeh

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Harus Dihindari Saat Diet? Ini Jawabnnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x