Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Apakah Kuning Telur Harus Dihindari Saat Diet? Ini Jawabnnya

Senin, 20 September 2021 | 10:16 WIB
apakah-kuning-telur-harus-dihindari-saat-diet-ini-jawabnnya
Ilustrasi kuning telur untuk diet. (Sumber: Unsplash/Jasmin Egger )

JAKARTA, KOMPAS.TV – Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain kaya nutrisi, telur juga dapat dimasak menjadi berbagai olahan.

Sayangnya, bagi mereka yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari.

Lantas, apakah kuning telur harus dihindari saat diet?

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Telur Dadar Padang

Telur memang dapat menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang sedang menjalani diet. Namun, konsumsi kuning telur telah menjadi kontroversi tersendiri.

Hal ini karena kuning telur dianggap tidak sehat dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Orang-orang mengidamkan perut berotot juga hanya makan putih telur dan membuang kuning telurmya.

Dalam satu telur terdapat 186 miligram kolesterol yang semuanya terdapat pada kuningnya. Benar adanya bahwa kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Namun, faktanya tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk memproduksi testosteron dan membantu meningkatkan energi serta membangun otot.

Selain kolesterol, kuning terus juga memiliki sebagian besar nutrisi yang ada pada telur, seperti zat besi, vitamin B2, B12, dan D. Sementara pada putih telur hanya terdapat sumber protein.

Apabila Anda hanya memakan putih telurnya saja, tentunya Anda akan kehilangan banyak nutrisi yang lain.

Baca Juga: Boleh Dicoba, 5 Makanan Pengganti Nasi Ini Cocok untuk Diet

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Times of India/Medical News Today



BERITA LAINNYA


KOMPAS DUNIA

Jack Dorsey Mundur dari Twitter

Selasa, 30 November 2021 | 17:00 WIB
Berita Daerah

Uji Coba Taksi Terbang Ehang 216

Selasa, 30 November 2021 | 17:00 WIB
Berita Daerah

Obyek Wisata Ramai Pengunjung

Selasa, 30 November 2021 | 16:52 WIB
Berita Daerah

Wisatawan Tertimbun Longsor Ditemukan

Selasa, 30 November 2021 | 16:44 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19