Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Apakah Kuning Telur Harus Dihindari Saat Diet? Ini Jawabnnya

Kompas.tv - 20 September 2021, 10:16 WIB
apakah-kuning-telur-harus-dihindari-saat-diet-ini-jawabnnya
Ilustrasi kuning telur untuk diet. (Sumber: Unsplash/Jasmin Egger )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain kaya nutrisi, telur juga dapat dimasak menjadi berbagai olahan.

Sayangnya, bagi mereka yang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari.

Lantas, apakah kuning telur harus dihindari saat diet?

Baca Juga: Resep Mudah Membuat Telur Dadar Padang

Telur memang dapat menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang sedang menjalani diet. Namun, konsumsi kuning telur telah menjadi kontroversi tersendiri.

Hal ini karena kuning telur dianggap tidak sehat dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Orang-orang mengidamkan perut berotot juga hanya makan putih telur dan membuang kuning telurmya.

Dalam satu telur terdapat 186 miligram kolesterol yang semuanya terdapat pada kuningnya. Benar adanya bahwa kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Namun, faktanya tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk memproduksi testosteron dan membantu meningkatkan energi serta membangun otot.

Selain kolesterol, kuning terus juga memiliki sebagian besar nutrisi yang ada pada telur, seperti zat besi, vitamin B2, B12, dan D. Sementara pada putih telur hanya terdapat sumber protein.

Apabila Anda hanya memakan putih telurnya saja, tentunya Anda akan kehilangan banyak nutrisi yang lain.

Baca Juga: Boleh Dicoba, 5 Makanan Pengganti Nasi Ini Cocok untuk Diet

Untuk membantah anggapan bahwa kuning telur tidak sehat, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Connecticut menemukan bahwa lemak ada terdapat pada kuning telur justru membantu mengurangi kolesterol jahat dari tubuh.

Melansir dari Times of India, Senin (20/9/2021), para ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi kuning telur saat Anda ingin menurunkan berat badan.

Terlebih bagi yang mengikuti diet low-carb, pilihlah telur utuh ketimbang putih telurnya saja. Telur utuh rendah kalori dan lemak makanan yang terdapat di dalam telur utuh dapat memperlambat penyerapan protein serta membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Medical News Today merekomendasikan telur sebagai menu sarapan bagi mereka yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Sarapan dengan telur dapat menghentikan keinginan makan dan menjaga asupan kalori sepanjang hari.



Sumber : Times of India/Medical News Today

BERITA LAINNYA



Close Ads x