Kompas TV olahraga kompas sport

Rebut Emas PON, Pelari Senior Agus Prayogo Bawa Jabar Geser Tuan Rumah Papua di Klasemen Medali

Kompas.tv - 5 Oktober 2021, 11:54 WIB
rebut-emas-pon-pelari-senior-agus-prayogo-bawa-jabar-geser-tuan-rumah-papua-di-klasemen-medali
Pelari Jawa Barat Agus Prayogo berselebrasi usai menjuarai final nomor lari 5.000 meter putra cabang atletik PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Agus meraih medali emas, sementara pelari Jabar lainnya Pandu Sukarya meraih medali perak dan pelari Bangka Belitung Robi Sianturi meraih medali perunggu. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

PAPUA, KOMPAS.TV- Pelari senior Agus Prayogo tampil yang tercepat untuk merebut medali emas dari cabang olahraga (cabor) atletik nomor lari 5.000 meter putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang berlangsung di GOR Mimika Sport Complex (MSC), Mimika, Papua, Selasa pagi (5/10/2021).

Kemenangan tersebut sekaligus membawa Kontingen Jawa Barat (Jabar) menggeser tuan rumah Papua dalam perolehan medali sementara hingga siang ini. 

Khusus untuk Agus Prayogo, kemungkinan besar bakal menambahkan koleksi emasnya karena masih akan turun di dunia nomor marathon dan 10.000 meter

Berdasarkan laman resmi dari PB PON hingga Selasa hingga pukul 13.00 WIT, kontingen Jabar mampu mengumpulkan 32 medali emas, 29 perak dan 37 perunggu. Sedang tuan rumah Papua tergeser ke posisi tiga dengan 32 emas, 15 perak dan 35 perunggu. 

Baca Juga: Sri Mulyani Beberkan Anggaran Fantastis di Balik Meriahnya Penyelenggaraan PON Papua

Untuk posisi puncak hingga saat ini masih dikuasai oleh kontingen DKI Jakarta dengan raihan 39 emas, 27 perak dan 32 perunggu.

Melansir Antara, bagi kontingen Jabar, mampu merangsek ke papan atas merupakan tujuan utamanya, apalagi tim Tanah Pasundan ini datang ke Bumi Cenderawasih dengan status juara bertahan pesta olahraga nasional empat tahunan ini.

Selain Agus Prayogo, medali emas bagi Jabar juga disumbangkan Fadlan Prawira dari renang perairan terbuka. Medali emas dari provinsi yang dipimpin Ridwan Kamil itu datang dari selam hingga binaraga.

Memasuki hari keempat PON Papua usai dibuka oleh Presiden Joko Widodo, persaingan dalam mengumpulkan medali semakin ketat.

Baca Juga: Klasemen Sementara Perolehan Medali PON XX Papua 2021: DKI Jakarta Memimpin Disusul Tuan Rumah Papua

Tidak hanya persaingan antara DKI Jakarta, Jawa Barat dan Papua, Jawa Timur pun kini mulai memberikan ancaman yang serius.

Saat ini kontingen Jawa Timur berada di posisi empat dengan raihan 26 medali emas, 26 perak dan 22 perunggu. Untuk posisi lima ada Bali dengan 11 emas, 4 perak dan 12 perunggu.

Sebagaimana diketahui, PON edisi ke-20 yang kali ini berlangsung di Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.

Baca Juga: Ketua DPD RI: PON Papua Momentum Persatuan Bangsa

Dalam pelaksanaannya, PON Papua yang berlangsung 2 hingga 15 Oktober terselenggara di empat klaster berbeda, yaitu Kabupatan dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, serta Kabupaten Merauke.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x