Kompas TV bisnis kebijakan

Sri Mulyani Beberkan Anggaran Fantastis di Balik Meriahnya Penyelenggaraan PON Papua

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 14:16 WIB
sri-mulyani-beberkan-anggaran-fantastis-di-balik-meriahnya-penyelenggaraan-pon-papua
Foto udara Stadion Lukas Enembe jelang pembukaan PON Papua di Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. (Sumber: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) resmi telah dibuka di Stadion Lukas Enembe pada Sabtu (2/10/2021) malam.

Adalah Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang bertindak membuka ajang pesta olahraga nasional tersebut.

Baca Juga: PT Freeport Indonesia Bangun Mimika Sport Centre Guna Dukung PON XX Papua

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk merayakan PON ke-XX dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

Acara pembukaan PON XX itu berlangsung meriah. Sejumlah artis ternama Indonesia mengisi upacara pembukaan PON Papua tersebut.

Itu mulai dari Tulus, Ruth Sahanaya, Nowela Elizabeth Auparay, Edo Kondologit, Trio Papua, hingga Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

Baca Juga: Usai Buka PON XX Papua, Presiden Jokowi ke Merauke Resmikan Infrastruktur dan Tinjau Vaksinasi

Selain itu, presenter kondang Raffi Ahmad didaulat menjadi pembawa acara upacara pembukaan PON XX Papua tersebut.

Raffi Ahmad tak sendiri. Ia ditemani Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku. Suami Nagita Slavina itu tampak mengenakan jaket spesial PON XX dan topi adat Papua.

Di balik kemeriahan penyelenggaraan PON Papua tersebut, ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga: Lukas Enembe di Pembukaan PON XX: Saya Tunjukkan Papua Bagian Tak Terpisahkan Bangsa Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan nilai anggaran negara yang sudah dihabiskan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua. 

Dana yang bersumber dari APBN itu disebut Sri Mulyani dikucurkan secara langsung bertahap melalui kementerian lembaga dan dicairkan sejak tahun 2018.

Selain itu, uang APBN untuk mendukung penyelenggaraan PON Papua juga disalurkan melalui skema bantuan untuk APBD Pemerintah Provinsi Papua. 

Baca Juga: Ketua DPD RI: PON Papua Momentum Persatuan Bangsa

"Biaya persiapan dan penyelenggaraan PON ke 20 di Papua dibiayai sejak 2018-2021 oleh APBN (#uangkita) disalurkan melalui APBD (Dana Tambahan Infrastruktur- DTI; Dana Otonomi khusus (DOtsus); Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Aokasi Khusus Fisik (DAKF) dan Belanja KL (PUPR, Perhubungan, Menpora, Kominfo, TVRI/REI)," kata Sri Mulyani dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (3/10/2021).



Sumber : Kompas.com/Akun Instagram @smindrawati


BERITA LAINNYA



Close Ads x