Kompas TV regional berita daerah

PT Freeport Indonesia Bangun Mimika Sport Centre Guna Dukung PON XX Papua

Kompas.tv - 3 Oktober 2021, 09:39 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Untuk mendukung penyelenggaraan PON ke 20 di Papua, PT Freeport Indonesia membangun Mimika Sport Complex atau MSC. MSC memiliki fasilitas lengkap dan modern serta berstandar internasional. Di MSC dipertandingkan dua cabang olahraga PON ke-20 Papua, yakni basket dan atletik.

Inilah Mimika Sport Complex  berstandar internasional dibangun PT Freeport Indonesia dengan menghabiskan biaya sekitar 33 juta dolar AS di atas lahan seluas 12,5 hektar milik Pemkab Mimika.

MSC memiliki fasilitas stadion indoor, stadion outdoor, ruang fitnes, kantor, ruang tindakan medis, kantin, retail store, toilet dan parkiran yang dapat menampung 500 kendaraan, serta ampiteater yang bisa digunakan untuk gathering.

MSC ini telah selesai dibangun sejak tahun 2016 lalu. Saat ini telah digunakan untuk PON XX tahun 2020 untuk cabang olahraga basket dan atletik.

MSC dibangun sebagai bentuk komitmen Freeport mendukung olahraga di Papua. Khususnya di mimika. MSC ini ada pula asrama dan ruang makan yang dapat menampung 100 atlet dan official. 

Untuk stadion indoor bisa digunakan untuk cabang olahraga basket, voli dan badminton dengan tribun penonton yang bisa menampung 5.500 orang serta 75 kursi VIP. Hanya saja di stadion indor ini digunakan untuk cabang olahraga basket 5x5 dan 3x3.

Sedangkan stadion outdoor untuk cabor atletik, memiliki tribun yang bisa menampung 3.500 penonton. Di tribun barat terdapat 2.100 kursi penonton dan 104 kursi VIP. Sementara di tribun timur terdapat 1.300 kursi penonton dan 56 kursi VIP.

Pada stadion outdoor terdapat lapangan dari rumput khusus yang didatangkan dari Swiss termasuk juga lintasan lari sepanjang 400 meter. Untuk material lintasan lari menggunakan bahan khusus yang didatangkan dari Jerman.

Di sisi lapangan lainnya juga terdapat area untuk cabor atletik lainnya seperti lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru, lompat jauh, lompat galah dan sebagainya.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x