Kompas TV olahraga kompas sport

Kabar Terbaru Atlet Gantole Khaidir Anas yang Alami Kecelakan di PON XX Papua 2021

Kompas.tv - 4 Oktober 2021, 18:38 WIB
kabar-terbaru-atlet-gantole-khaidir-anas-yang-alami-kecelakan-di-pon-xx-papua-2021
Atlet Gantole asal Sumatera Barat, Khaidir Anas, yang masih terbaring di RSUD Jayapura. (Sumber: ANTARA/HO-KONI Pusat)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Kondisi atlet gantole asal Sumatera Barat, Khaidir Anas, yang mengalami kecelakaan saat bertanding di PON XX Papua 2021 pada Minggu (3/10/2021), berangsur membaik.

Panitia pelaksana PON dengan bantuan aparat langsung mengevakuasi dan membawa Anas ke Rumah Sakit Yowari. Setelahnya, Anas dirujuk ke RSUD Jayapura. 

Anas tidak mengalami cedera tulang yang berarti dan sudah berangsur pulih. Akan tetapi, dokter belum mengizinkan Anas untuk banyak bergerak. 

"Hari ini kami menjenguk atlet asal Sumatera Barat atas nama (Khaidir) Anas dari cabang olahraga gantole yang mengalami kecelakaan,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Drs.Tb. Ade Lukman Djajadikusuma, MEMOS., di RSUD Jayapura, Senin (4/10/2021), seperti dikutip dari Antara.

“Syukur Alhamdulillah bahwa kondisi dia sudah sangat baik dan saat ini sudah ditangani dengan baik oleh rumah sakit umum daerah di Jayapura."

Sementara itu, untuk biaya perawatan sudah ditanggung BPJS. PB PON dan BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama untuk menjamin biaya kesehatan seluruh kontingen PON XX Papua. 

Baca Juga: Gaya Para Politikus di Pon XX Papua: Puan Nempel Jokowi, Ganjar Nongkrong, Prabowo Hormat Militer

 

Anas mengalami kecelakaan saat bertanding pada aero towing nomor lintas alam di Lapangan Terbang Adven, Kabupaten Jayapura. Pesawat yang digunakan Anas tidak stabil.

“Pesawat sudah airborne dan wing tidak stabil (goyang), karena wing semakin tidak stabil, atas perintah safety officer diminta pilot gantole (Anas) melakukan release (safety),” tulis Accident Report yang ditandatangani Direktur Pertandingan Dr.Ing Aldamanda A. Lubis, dikutip dari Antara.

Lantaran kondisi ketinggian yang tidak mencukupi untuk melakukan pendaratan normal, Anas sukses menyelamatkan nyawanya sendiri dengan mendarat darurat di atap rumah warga. 

Baca Juga: PON XX Digelar di Papua, Bagaimana Tingkat Keamanan dan Kesehatannya?

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x