Kompas TV regional berita daerah

Jember Kota Kopi Robusta, Produksinya Melimpah dan Kualitasnya Terbaik

Kompas.tv - 2 Oktober 2021, 18:52 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur bersama petani kopi dan pelaku UMKM mendeklarasikan Jember sebagai kota kopi robusta, pada Jumat malam (1/10/2021).

Langkah itu dilakukan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat dari sektor hasil perkebunan kopi robusta.

Jember sebagai kota kopi robusta didukung dengan luasnya kawasan perkebunan kopi robusta, yang mencapai 32 ribu hektar dengan hasil panen mencapai 11 ribu ton lebih.

Selain itu, kopi robusta Jember memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan kopi robusta daerah lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi alam, dimana perkebunan kopi robusta Jember dikelilingi oleh 3 gunung vulkanis, yakni Gunung Raung, Gunung Argopuro dan Gunung Ijen.

Baca Juga: Cita Rasa Khas Kopi Wine Gunung Semeru

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa untuk meningkatkan produksi, Pemerintah Kabupaten Jember akan membantu pasokan pupuk bagi petani kopi robusta. Pemerintah juga akan membantu memasarkan kopi robusta Jember ke pasar dalam negeri dan luar negeri.

Sedangkan untuk menjaga kualitas dan rasa kopi robusta, pemerintah akan membantu sinergitas petani dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao atau Puslit Kakao. Sinergitas itu, salah satunya diwujudkan dalam bentuk pelatihan, mulai dari budidaya hingga penyajiannya.

Baca Juga: Kopi Bir Tanpa Alkohol, Kreasi Baru Minuman Kopi Dicampur Soda

Pemerintah juga akan menjadikan bentangan ribuan hektar kebun kopi sebagai destinasi wisata edukasi, yang berbasis alam perkebunan.

 

#kopirobusta #kebunkopi #kopijember 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x