Kompas TV regional berita daerah

Kopi Bir Tanpa Alkohol, Kreasi Baru Minuman Kopi Dicampur Soda

Senin, 26 Oktober 2020 | 19:06 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV – Untuk meningkatkan penjualan di masa pandemi corona, sebuah kafe di Kota Kediri Jawa Timur berinovasi menciptakan menu kopi bir. Meski bernama kopi bir, namun minuman tersebut tidak mengandung alkohol dan justru menyegarkan, rasanya yang unik membuat kopi bir ini laris manis diburu pembeli.

Pandemi corona memaksa para pelaku usaha untuk terus berinovasi agar usahanya tetap berjalan, seperti yang dilakukan oleh pengelolah kafe adeeva di Kota Kediri Jawa Timur. Kafe ini berinovasi dengan menciptakan menu baru, yakni kopi bir.

Baca Juga: Cita Rasa Khas Kopi Wine Gunung Semeru

Meski bernama kopi bir, namun minuman ini tidak mengandung alkohol serta tidak memabukkan. Ide pembuatan minuman ini muncul setelah penjualan kopi di kafe adeeva menurun akibat pandemi corona.

Dari situlah sang pemilik kafe, Stefanus terus mencoba menciptakan menu baru kopi yang berpotensi digemari warga. Ia lantas menemukan ide, yakni mengkreasikan biji kopi arabika dan robusta dengan air soda.

Perlu beberapa kali uji coba hingga akhirnya kopi bir yang nikmat dan segar bisa dinikmati. Rasa kopi arabika dan robusta yang tajam berpadu dengan segarnya air soda mampu menghasilkan cita rasa tersendiri.

Hal itulah yang membuat warga tertarik untuk mencoba kopi bir tersebut, bahkan setelah 1 bulan diluncurkan, minuman tersebut jadi menu andalan dan terfavorit. Selain cocok dinikmati pada malam hari, kopi bir ini juga cocok dikonsumsi pada siang hari.

Baca Juga: Seru! Minum Kopi di Kedai Pinggir Rel Kereta Api

Pemilik kafe, Stefanus mengatakan untuk membuat secangkir kopi bir diperlukan 15 gram biji kopi arabika dan robusta serta air soda. Cara pembuatannya hampir mirip dengan membuat kopi ekspreso. 

Yang membedakan adalah setelah proses penyeduhan selesai, kopi akan dicampur dengan air soda dan gula. Tidak lupa ditambahkan es batu agar rasa segar kopi dan soda lebih terasa.

Secangkir kopi bir dijual dengan harga 16 ribu rupiah saja. Rata-rata 60 hingga 70 cangkir kopi terjual setiap bulannya dengan omset jutaan rupiah.

 

#KopiArabika #KopiRobusta #KopiBir #KreasiMinuman #Kafe

Penulis : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:31
PASIEN SEMBUH COVID-19 DI JATIM MENCAPAI 88,46 PERSEN, TERENDAH KASUS AKTIF DI ANTARA PROVINSI BESAR DI JAWA   KETUA DPR NILAI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN GURU AKAN BERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA   HARI GURU NASIONAL, KETUA DPR: KESEJAHTERAAN GURU, KHUSUSNYA GURU HONORER, HARUS JADI PERHATIAN PEMERINTAH   KOMPOLNAS: FAKTOR AGAMA TAK AKAN JADI SALAH SATU PERTIMBANGAN USULAN CALON KAPOLRI PENGGANTI JENDERAL IDHAM AZIS   MUI PUSAT AKAN GELAR MUNAS X DENGAN AGENDA UTAMA PERGANTIAN KETUA UMUM DAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI   KASUS COVID-19 MELONJAK, PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON AKAN TERAPKAN JAM MALAM MULAI 15 DESEMBER 2020   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 1.984: 1.389 SEMBUH, 158 MENINGGAL DUNIA, DAN 437 DALAM PERAWATAN   JELANG PILKADA SERENTAK 2020, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA DUKCAPIL PROAKTIF LAYANI REKAM DATA KTP ELEKTRONIK   KEMENTAN TARGETKAN BANGUN HINGGA 4 PABRIK GULA DALAM 5 TAHUN KE DEPAN UNTUK REALISASIKAN SWASEMBADA GULA PADA 2023   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MEMINTA PEMDA MEMPERBAIKI MEKANISME OPERASIONAL LABORATORIUM TES COVID-19   KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT, TERANCAM MASUK ZONA MERAH KARENA KASUS COVID-19 MELONJAK DRASTIS   SATGAS PENANGANAN COVID-19 AKAN TERUS PANTAU ZONA COVID-19 DI SEMUA DAERAH PENYELENGGARA PILKADA    MENDIKBUD NADIEM MAKARIM TEGASKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIPERBOLEHKAN, TETAPI TIDAK DIWAJIBKAN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH BOLEH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN PENUHI SEJUMLAH SYARAT