Kompas TV nasional berita utama

Polda Papua: Polri dan TNI Siap Amankan Pembukaan PON XX

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 19:19 WIB
polda-papua-polri-dan-tni-siap-amankan-pembukaan-pon-xx
Logo resmi PON XX Papua 2021. (Sumber: Kemlu.go.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Fadhilah

PAPUA, KOMPAS.TV - Polda Papua menyatakan siap menjaga keamanan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

Demikian Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/10/2021).

“Untuk pengamanan pembukaan PON Papua, besok, kami aparat keamanan khususnya Polri dan teman-teman dari TNI telah siap,” kata Mathius.

Mathius lebih lanjut mengajak semua masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan kenyamanan. Sehingga pembukaan PON Papua hingga rangkaian pertandingan yang diperlombakan dapat berlangsung dengan lancar.

“Kita juga bisa menunjukkan kepada seluruh masyarakat di luar Provinsi Papua, bahkan ke luar bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah PON yang baik dan sukses,” ujarnya.

Baca Juga: Jamin Pembukaan PON XX Papua Berjalan Lancar, Mahfud MD: Pengamanan Berlapis

Sebagai informasi, PON XX akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe. Dalam upacara tersebut, protokol kesehatan ketat akan diberlakukan.

Satu di antaranya adalah tamu yang hadir dibatasi hanya 10.000 orang atau 25 persen dari kapasitas Stadion Lukas Enembe.

Tak hanya itu, pengamanan untuk pembukaan PON XX dilakukan secara berlapis dengan menerapkan 3 ring penjagaan. Ring pertama menjadi tugas dan tanggung jawab paspampres, sementara ring dua dan ketiga dijaga TNI-Polri.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD juga menekankan, agar pelaksanaan PON XX protokol kesehatan dijalankan secara ketat.

Bukan hanya untuk pembukaan PON XX, tetapi juga bagi kepada mereka yang ingin datang ke venue pertandingan.

Dalam keterangannya seusai meninjau situasi keamanan, Mahfud MD memastikan hampir semua persiapan pembukaan PON XX berjalan baik.

“Saya melakukan koordinasi terakhir, untuk pengecekan terakhir di bidang keamanan, saya mengundang Kapolda dan Pangdam, kemudian Kabinda untuk menyampaikan informasi tentang kesiapan dari sudut keamanan. Semuanya berjalan baik, dipersiapkan dengan baik,” ujar Mahfud MD.

Baca Juga: H-1 Pembukaan PON XX Papua, BNPB Pastikan Penyelenggaraan Aman dari Lonjakan Kasus Covid-19

“Dan Presiden sore ini akan mendarat di Jayapura untuk besok sore pembukaan PON XX di Stadion Lukas Enembe.”

Tidak hanya itu, Mahfud MD menuturkan dirinya juga sempat melihat pelaksanaan PON XX dengan menonton pertandingan polo air antara DKI Jakarta dengan Jawa Timur.

“Suasananya bagus saya juga melihat, naik mobil ke Sentani, melihat suasana di jalan ramai, masyarakat menyambut antusias yang bagi saya keseluruhannya PON XX disambut dengan baik dan Insya Allah akan berjalan dengan baik,” ucap Mahfud.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x