Kompas TV olahraga kompas sport

Jamin Pembukaan PON XX Papua Berjalan Lancar, Mahfud MD: Pengamanan Berlapis

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 14:03 WIB
jamin-pembukaan-pon-xx-papua-berjalan-lancar-mahfud-md-pengamanan-berlapis
Menkopolhukam, Mahfud MD. (Sumber: Tangkapan layar video)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada 2 Oktober 2021 bakal berjalan lancar. 

"Saya bersama Bapak Menteri Dalam Negeri melakukan pengecekan terakhir dan melihat persiapan akhir yang dilakukan oleh panitia, semua berjalan baik," kata Mahfud, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021). 

Berdasarkan laporan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Mahfud mengatakan, sudah banyak kontingen yang mulai bertanding sejak 22 September 2021. 

Selama berlangsungnya pertandingan di sejumlah cabang olahraga tersebut, Mahfud menyatakan bahwa sejauh ini berjalan lancar. 

"Insya Allah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis, tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak seram gitu, karena ini pesta olahraga," kata Mahfud.

Baca Juga: H-1 Pembukaan PON XX Papua, BNPB Pastikan Penyelenggaraan Aman dari Lonjakan Kasus Covid-19 

Lewat keterangan sama, Mahfud meminta, semua aparat bekerja dengan maksimal agar pembukaan PON XX Papua yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo dapat berjalan lancar, aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. 

"Saya mengimbau masyarakat mendukung acara ini, aparat TNI Polri, Pemda, supaya semuanya bekerja dengan sebaik-baiknya," terang Mahfud. 

Selain melakukan pemantauan keamanan, Mahfud juga memastikan penerpan protokol kesehatan berjalan baik. 

"Semua berjalan baik dan Insyaallah akan tetap baik, itu kalau dari sudut keamanan. Kalau dari segi acaranya juga sudah sangat memadai," imbuh dia.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo juga telah bertolak ke Provinsi Papua untuk membuka PON XX Papua, dan meresmikan sejumlah infrastruktur.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara beserta rombongan berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Setibanya di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Presiden Jokowi dan rombongan akan langsung bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

PON XX Papua akan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: PLN Gelontorkan Dana Rp 313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x