Kompas TV nasional peristiwa

H-1 Pembukaan PON XX Papua, BNPB Pastikan Penyelenggaraan Aman dari Lonjakan Kasus Covid-19

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 12:36 WIB
h-1-pembukaan-pon-xx-papua-bnpb-pastikan-penyelenggaraan-aman-dari-lonjakan-kasus-covid-19
Logo resmi PON XX Papua 2021. (Sumber: Kemlu.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke dua puluh (PON XX) Papua aman dari lonjakan kasus Covid-19.

Pasalnya, BNPB melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Prokes) PON XX melakukan asistensi kepada Panitia Besar acara tersebut terkait penguatan protokol kesehatan selama perhelatan ini berlangsung.

Mulai dari alur masuk penonton dan atlet, vaksinasi, screening, penggunaan masker yang benar dan edukasi protokol kesehatan lain. 

"Kita akan pastikan penyelenggaraan PON XX ini benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan aman dari potensi lonjakan kasus COVID-19," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB yang juga selaku Ketua Satgas Prokes PON XX Prasinta Dewi, dalam keterangannya, Jumat (1/10/2021). 

Prasinta juga menyebut khusus untuk pembukaan PON XX pada Sabtu (2/10) besok, pihaknya  akan menurunkan gerai dan mobil masker bersamaan juga beberapa relawan di Stadion Lukas Enembe. 

"Untuk pembukaan besok kita akan menyiapkan dua gerai masker dan dua mobil masker di Stadion Lukas Enembe," kata Prasinta. 

Sementara itu, total gerai masker yang dibangun di empat wilayah penyelenggaraan PON XX adalah sebanyak 24 gerai dan Mobil Masker sebanyak 8 mobil.

Baca Juga: PLN Gelontorkan Dana Rp 313 Miliar untuk Dukung Penyelenggaraan PON XX Papua

Dia berujar jumlah tersebut akan terus bertambah seiring adanya partisipasi dari instansi lain. 

Menurut penjelasannya, adapaun target masker yang akan dibagikan oleh Satgas Prokes PON XX adalah sebanyak 1 juta masker. 

"Kita berharap masyarakat Papua selama PON berlangsung dan sesudahnya tidak ada kenaikan kasus Covid-19 dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan," harap Prasinta. 

Hingga Kamis (30/9) kemarin, adapun total masker yang berhasil didistribusikan Satgas Prokes PON XX di 4 Kabupaten dan Kota di Provinsi Papua sebanyak 329.230 masker. 

Sebagai informasi, Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-20 akan diselenggarakan di Provinsi Papua pada tanggal 2 hingga 13 Oktober 2021.

Adapun pembukaan PON XX ini rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 2 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga: 4.000 Personel Gabungan Jaga Pembukaan PON XX di 3 Ring Pengamanan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x