Kompas TV nasional politik

DPR Desak Nadiem Cepat Umumkan Hasil Seleksi PPPK Guru Tahap Pertama

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 09:30 WIB
dpr-desak-nadiem-cepat-umumkan-hasil-seleksi-pppk-guru-tahap-pertama
Ketua Komisi X Syaiful Huda di Gedung DPR (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi X DPR RI mendesak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim untuk segera mengumumkan hasil seleksi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru tahap pertama tahun 2021. 

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menjelaskan, alasan itu demi memberikan kepastian kepada para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut.

Selain itu, ini juga sebagai bentuk perhatian lebih dengan mengangkat mereka menjadi PPPK. 

Baca Juga: Viral Pengumuman Seleksi PPPK Tahap 1 Diumumkan 1 Oktober, Ini Penjelasan Kemendikbudristek

"Kami meminta setelah menambahkan nilai afirmasi PPPK guru, langsung diumumkan. Semakin cepat diumumkan oleh Mendikbudristek semakin baik," kata Syaiful saat dihubungi Kompas TV, Jumat (1/10/2021).

Ia mengaku telah melakukan komunikasi dengan Mendikbudristek ihwal kekhawatiran sekelompok guru yang tak kunjung juga diumumkan hasil seleksi PPPK.

Politikus PKB itu meminta agar Kemendikbudristek tak menggagalkan para guru yang sudah lolos sebelumnya karena penambahan nilai afirmasi pada honorer lainnya.

"Guru honorer yang sudah lolos passing grade kemarin, pasti sudah aman menurut data. Kami sudah berkoordinasi dengan Kemendikbudristek, pasti tidak akan mengganggu [penilaian]," ujarnya. 

Sebelumnya, Pemerintah memutuskan menunda pengumuman hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru tahap I. 

Rencananya, Kemendikbudristek akan mengumumkan hasil seleksi PPPK untuk guru pada Jumat (24/9/2021). 

Keputusan penundaan itu tertuang dalam surat Nomor 5363/B/GT.01.00/2021 Tentang Penundaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru ASN-PPPK tahun 2021. 

Baca Juga: PGRI Sebut Rekrutmen Guru PPPK Tak Pertimbangkan Rasa Keadilan, Ini 7 Usulan Mereka ke Pemerintah

Surat itu ditandatangani oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, selaku Ketua Panitia Seleksi PPPK JF Guru Iwan Syahril pada Kamis (23/9/2021). 

"Sehubungan dengan masih berlangsungnya proses pengolahan nilai Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK, bersama ini kami sampaikan bahwa pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK yang semula dijadwalkan tanggal 24 September 2021 ditunda sampai pengumuman lebih lanjut," tulis surat Nomor 5363/B/GT.01.00/2021 yang dikutip KOMPAS TV. 

"Jadwal terbaru akan diumukan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui," lanjutnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x