Kompas TV nasional update corona

Jubir Satgas Covid-19 Sebut Indonesia Tengah Bersiap Menuju Endemi Covid-19

Kompas.tv - 30 September 2021, 21:13 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19 menyampaikan saat ini Indonesia tengah mempersiapkan diri menuju tahap endemi covid-19.

Selain vaksinasi untuk menuju endemi, Satgas juga meminta masyarakat disiplin protokol kesehatan.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Pandemi Bisa Berubah Jadi Endemi Asal Seluruh Pihak Patuh Protokol Kesehatan

Sejumlah negara di dunia yang kasusnya terkendali tengah mempersiapkan diri menuju tahap endemi covid-19.

Tak terkecuali Indonesia apabila kasus terkendali juga akan fokus menuju endemi covid-19 sebagai tujuan penanganan pandemi.

Kini secara bertahap Indonesia mulai membuka kembali aktivitas sosial-ekonomi yang ke depan akan dilakukan dalam skala besar.

Meski kasus terkendali ada sejumlah catatan penanganan dari Satgas Covid-19 seperti jumlah pembentukan posko ruang lingkup yang lebih besar hingga lapisan terkecil.

Penerapan prokes juga tetap harus dilaksanakan untuk menghindari penyebaran virus.

Menanggapi hal ini, ahli Epidemiologi Masdalina Pane menyebut, masih ditemukan selisih kasus di daerah dan pemerintah pusat yang harus diperhatikan, selain itu testing dan tracing tetap harus digencarkan.

Selain penerapan ppkm untuk menekan kasus covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan ketat pemerintah kini tengah melakukan percepatan vaksinasi.

Dari data vaksin Kemkes.go.id total pencapaian dari target 208 juta warga, dosis pertama sudah mencapai 43,39 persen atau sekitar 90 juta lebih warga, sementara dosis kedua 24,34 persen atau sekitar 50 juta lebih warga.

Kini masyarakat diminta tetap waspada dan tak euforia berlebihan agar gelombang ketiga yang diprediksi akhir tahun tak terjadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x