Kompas TV religi beranda islami

Doa Setelah Azan dan Rahasia Keutamaan di Baliknya

Kamis, 30 September 2021 | 14:39 WIB
doa-setelah-azan-dan-rahasia-keutamaan-di-baliknya
Ilustrasi azan. (Sumber: Istimewa)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika selesai mendengar azan, sebagai muslim kita sebaiknya menjawabnya dengan doa-doa. Doa-doa ini sebagai isyarat, bahwa kita sudah siap menggerakkan kaki untuk ibadah salat dan sebagai pertanda saling mendoakan kepada sesama.

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan menjawab balasan sebuah azan sebagai doa. Keutamaan doa setelah azan ini, salah satunya adalah kelak di hari kiamat akan mendapatkan syafaat dari Nabi.

Rasulullah SAW bersabda:

"Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian berselawatlah untukku, barangsiapa yang bersalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku sebagai wasilah (perantara) Barangsiapa yang memohonkan untukku sebagai wasilah, maka akan mendapat syafaatku." (HR. Muslim).

Baca Juga: Amalan Zikir dengan Jaminan Masuk Surga

Selain itu, waktu setelah azan adalah waktu mustajab untuk doa. Jadi, setelah doa di bawah ini, anda tentu saja diperbolehkan untuk berdoa sesuai apa yang kamu inginkan.

Berikut bacaan latin doa setelah azan berkumandang beserta artinya:

ALLAHUMMA RABBA HADZZIHIDDA’WATI TAMMATI, WASSHOLATIL QOIMAH, ATIS SAYYIDINA MUHAMMADAL WASIILATA WAL FADHIILAH, WADDARROJATAR ROFIIATARROFIAH WAB’ASHU MAQOOMAL MAHMUDANILLADZI WA’ADZ TAH INNAKA LA TUKHLIFUL MII’ADZ.

Artinya: “Ya Allah Tuhanku yang memiliki seruan yang sempurna dan salat yang senantiasa ditegakkan, berikanlah Nabi Muhammad kemuliaan dan tempatkanlah beliau di tempat terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada pernah mengingkari janji. Engkau adalah Dzat yang Maha Penyayang,.”

Semoga Allah senantiasa menjawab doa-doa kita. Amin. Wallahu a’lam.

Halaman Selanjutnya


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19