Kompas TV religi beranda islami

Keutamaan Doa Iftitah ketika Salat yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Kompas.tv - 30 September 2021, 11:52 WIB
keutamaan-doa-iftitah-ketika-salat-yang-tidak-banyak-diketahui-orang
Ilustrasi orang sholat. Ini ketika sholat tarawih berjamaah di Masjidil Haram Mekkah. (Sumber: Twitter/@hsharifain)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Doa Iftitah adalah doa yang sunnah dibaca ketika salat. Baik ketika salat wajib maupun salat sunnah. Doa iftitah dibaca setelah takbir, sebelum membaca surat Alfatihah.

Ada banyak keutamaan membaca doa Iftitah ini. Salah satunya, bagi mereka yang mengamalkan doa iftitah ini waktu salat, maka baginya akan dibukakan pintu langit.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi. Waktu itu salah seorang sahabat sedang salat dan Nabi mendengar ia membaca doa Iftitah. Beliau pun takjub.

“Siapa yang tadi mengucapkan kalimat ini dan ini (iftitah)?” Rupanya beliau mendengar doa itu.”Itu saya, Wahai Rasulullah,” jawab sahabat tadi. Lantas Rasulullah bersabda: ‘Aku takjub dengan doa itu. Pintu-pintu langit dibuka karenanya’.” (HR. Imam Muslim)

Ada dua versi doa iftitah. Ada yang panjang dan juga lebih pendek. Keduanya sah bisa diamalkan dan digunakan ketika salat.

Berikut doa ifititah, versi panjang beserta latin dan artinya:

ALLAHU AKBAR KABIRAA WALHAMDULILLAHI KATSIIRA, WASUBHANALLAHI BUKROTAWAASIILA. INNI WAJJAHTU WAJHIYA LILLADZI FATHARASSAMAWATI WAL ARDHO HANIIFAN MUSLIMAN WA MAA ANA MINAL MUSYRIKIN.  

INNA SHOLAATI WANUSUKI WA MAHYAYA WA MAMAATI LILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN. LAASYARIKALAHU WA BIDZAALIKA UMIRTU WA ANA MINAL MUSLIMIN

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya."

"Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim."

Anda bisa juga membaca versi singkat doa iftitah ini. Seperti doa iftitah pertama, doa  ini juga diambil dari sabda Nabi dan berdasarkan Sahih Muslim.

ALLAHUMMA BAA’IDZ BAIINI WA BAYNA KHOTOYAYA KAMA BA’ADZTA BAYNAL MUSYRIQI WAL MAGHRIBI. ALLAHUMMA NAQQINI MINAL KHOTOYAYA KAMA YUNAQQI TSAUBUL ABYADU MINNAD DANASI. ALLLAHUMAGHSINIY MIN KHOTOYAYA BISTALJI WAL MAAI WAL BARODI

"Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkan (sucikan) dariku kesalahanku sebagaimana Engkau bersihkan (sucikan) baju yang putih dari kotoran. Ya Allah cucilah (bersihkanlah) aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air, dan embun."

Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dan menjadikan kita pribadi yang istiqamah beribadah kepada-Nya. Amin. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Salat Duha untuk Dekatkan Rezeki, Begini Niat, Waktu, dan Tatacara

Baca Juga: Bacalah Zikir Ini agar Rezeki Melimpah dan Kecemasan Hilang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x