Kompas TV regional berita daerah

Paskhas TNI AU Lumpuhkan Kelompok Teroris dan Bebaskan Sandera

Kompas.tv - 30 September 2021, 11:36 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Pasukan khas TNI Angkatan Udara (Paskhas) diterjunkan untuk melumpuhkan kelompok teroris, yang menyandera dan merebut pangkalan udara TNI. Dalam waktu singkat, Paskhas dapat membebaskan sandera dan menguasai kembali pangkalan.

Aksi pasukan Den Bravo TNI Angkatan Udara itu merupakan simulasi pembebasan sandera yang disekap oleh kelompok teroris. Simulasi atau latihan tempur itu digelar di Lapangan Tembak Air Weapon Range Pandanwangi Lumajang Jawa Timur, pada Jumat (29/9/2021).

Personel pasukan khusus itu langsung menyerang wilayah yang dikuasai musuh. Dalam hitungan menit, pasukan Den Bravo dapat membebaskan sandera dengan selamat.

Baca Juga: Pasukan Khusus Taifib dan Kopaska Serang Musuh dengan Terjun Tempur di Malam Hari

Sebelum membebaskan sandera, pasukan baret jingga itu juga mensimulasikan penguasaan pangkalan udara yang dikuasai oleh musuh.

90 penerjun dilibatkan untuk mendukung operasi itu. Dengan mengerahkan satu batalyon pasukan elit TNI AU, akhirnya pangkalan udara dapat direbut dan dikuasai kembali.

Baca Juga: Latihan Perang, TNI AU Kerahkan 39 Pesawat Tempur untuk Melancarkan Serangan Udara

Kegiatan itu merupakan rangkaian latihan tempur antar satuan yang diselenggarakan oleh Korpaskhas TNI Angkatan Udara.

Dankorpaskhas TNI AU, Marsekal Muda Tni Eris Widodo mengatakan bahwa latihan rutin itu untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi operasi tempur dan mengaplikasikan doktrin operasi, baik secara taktik, teknik dan prosedur.

Latihan itu juga untuk mempersiapkan latihan selanjutnya dengan sandi “Angkasa Yudha” yang rencananya akan digelar bulan Oktober 2021.

Paskhas sendiri merupakan pasukan khusus yang dimiliki TNI AU. Satuan tempur itu memiliki kemampuan 3 matra, yaitu udara, laut dan darat.

 

#Korpaskhas #Paskhas #TNIAU #PasukanKhusus #BaretJingga



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x