Kompas TV regional berita daerah

Pasukan Khusus Taifib dan Kopaska Serang Musuh dengan Terjun Tempur di Malam Hari

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 10:39 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SITUBONDO, KOMPAS.TV - Prajurit intai amfibi korps marinir dan komando pasukan katak TNI AL menggelar latihan operasi dukungan pasukan khusus gabungan (Latopsdukpassusgab) TNI AL Tahun 2021 di daerah latihan pertempuran marinir Banongan Situbondo Jawa Timur.

Latihan itu ditinjau langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono beserta Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, pada Minggu (22/08/2021).

Dalam Latihan itu, pasukan khusus dari prajurit intai amfibi (Taifib) dan komando pasukan katak (Kopaska) terbang pada malam hari dengan menggunakan dua pesawat udara TNI AL jenis Casa.

Baca Juga: Potret Latihan Gabungan TNI AD bersama US Army

Mereka kemudian melompat satu persatu dari ketinggian 6000 kaki untuk melaksanakan terjun tempur dan rubber duck operation (RDO) menuju titik coordinat dropping zone (DZ) di darat dan di tengah laut. Selanjutnya mereka  bermanuver dengan senyap menuju sasaran. Terjun tempur dilaksanakan malam hari untuk mengutamakan faktor kerahasiaan,

Latihan rubber duck operation (rdo) diawali dengan menerjunkan perahu karet dari pesawat, selanjutnya para penerjun dengan teknik free fall menyusul mendarat di laut dengan material perahu karet langsung menuju pantai yang dikuasai musuh mengutamakan faktor kecepatan.

Prajurit juga melakukan teknik stabo (suspension tactical airborne operations), yaitu suatu tehnik pemindahan pasukan lewat udara dengan menggunakan tali yang digantungkan pada helikopter dengan tujuan untuk melaksanakan eksfiltrasi dari suatu tempat dengan cepat.

Baca Juga: Latihan Gabungan TNI-Polri Jaga Keutuhan NKRI

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono menjelaskan bahwa teknik tersebut harus dilakukan oleh pasukan khusus yang sudah sangat terlatih, karena dalam pelaksanaan suatu operasi sangat dibutuhkan kerahasiaan, kecepatan, kecermatan, ketelitian dan perhitungan yang tepat, karena resiko yang sangat tinggi terhadap keselamatan pasukan maupun alutsista.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa tujuan Latopsdukpassusgab adalah untuk menguji kemampuan, keterampilan dan kesiapan pertempuran darat, laut dan udara prajurit Taifib dan Kopaska dalam rangka mendukung tugas pokok kogab tni.

 

#LatihanGabungan #PasukanKhusus #TNIAL #Kopaska #IntaiAmfibi #KorpsMarinir

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x