Kompas TV regional berita daerah

Dengan Uang Koin 9 Galon, Pria Ini Beli Mobil di Showroom

Kompas.tv - 29 September 2021, 11:11 WIB
Penulis : Edika ipelona

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Ada yang berbeda di salah satu showroom mobil  di Jalan Hos Cokroaminoto, Makassar, Sulawesi Selatan pada hari Selasa (28/9/2021). Sejumlah tenaga administrasi disiapkan untuk melayani pembelian mobil yang dilakukan Asriyadin Syamsuddin dan istrinya Ratna. Pedagang barang campuran di Jalan Pajenekang, Makassar, Sulawesi Selatan ini datang ke showroom untuk membeli mobil dengan membawa uang dalam sembilan galon berisi uang koin pecahan 500 dan 1.000 Rupiah serta dua kardus berisi uang kertas pecahan 2.000 Rupiah.

Untuk menghitung jumlah uang, sebanyak empat orang tenaga administrasi disiapkan pihak showroom. Mereka menghitung uang secara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut Asriyadin Syamsuddin uang yang ia bawa ini merupakan uang tabungan yang ia kumpulkan selama tiga tahun sejak September 2018 lalu. Uang yang ia sisihkan dari hasil berdagang barang campuran. Dirinya membeli mobil untuk menunjang usaha dan aktifitasnya yang dia rintis sejak tahun 2007 lalu mengingat selama ini dirinya menggunakan sepeda motor dan mesti bolak balik selama tiga hingga empat kali bila mengantar barang.

Baca Juga: Pengemis Beli Emas Pakai Uang Receh 2 Karung

Sementara itu, pihak showroom mobil menjelaskan bahwa pembelian mobil menggunakan uang receh ini baru pertama kali terjadi di showroom. Pihaknya pun merasa tidak keberatan lantaran uang koin juga merupakan alat pembayaran yang sah.

Adapun uang koin yang sudah dihitung sementara berjumlah 55 juta Rupiah. Sementara untuk uang kertas pecahan 2.000 Rupiah nilainya sebanyak 170 juta Rupiah.

Video Editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x