Kompas TV regional berita daerah

Wisata Rafting Lereng Argopuro Dibuka, Sajikan Keindahan Alam

Selasa, 28 September 2021 | 14:36 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Sempat terpuruk akibat penerapan PPKM darurat, wisata arung jeram atau rafting di lereng gunung argopuro Probolinggo Jawa Timur kembali menggeliat. Meski ekstrem, rafting menjadi destinasi favorit, karena menyajikan keseruan dan panorama alam eksotik.

Petualangan wisata arung jeram dimulai dari basecamp songa rafting di Desa Pesawahan Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Untuk menuju hulu sungai pekalen, pengunjung menggunakan mobil bak terbuka selama 15 menit melintasi jalan setapak perbukitan.

Setibanya di rest area pertama, peserta berjalan kaki sejauh 1 kilometer untuk mencapai hulu sungai, melewati jalan setapak terjal perbukitan lereng gunung argopuro. Namun rasa lelah seketika terbayar, saat pengunjung sudah berada di hulu sungai.

Menggunakan perahu karet berukuran 3X1,5 meter, petualangan arung jeram dimulai. Peserta berpacu dalam derasnya arus melawan kerasnya bebatuan sungai dengan rute sepanjang 12 kilometer.

Suasana tegang kian terasa saat melintasi goa kelelawar, yang berada tepat di kaki air terjun 7 tirai bidadari. Wisatawan juga bisa merasakan tumpahan air terjun bertirai alami dari atas bukit.

Baca Juga: Wisata Ranu dengan Wahana Terapi Ikan, Dipercaya Dapat Sembuhkan Stroke

Karena masih pandemi, hanya pengunjung yang sudah suntik vaksin yang diperbolehkan berarung jeram. Selain itu, pengelola juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti membatasi pengunjung hanya 50 persen dari jumlah normal.

Songa rafting beroperasi kembali setelah Kabupaten Probolinggo turun dari level 3 ke level 2 PPKM.

 

#ArungJeram #Rafting #GunungArgopuro

Penulis : KompasTV Jember

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19