Kompas TV regional berita daerah

Wisata Ranu dengan Wahana Terapi Ikan, Dipercaya Dapat Sembuhkan Stroke

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 20:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Sebuah rawa eceng gondok di Kota Probolinggo Jawa Timur disulap warga menjadi destinasi wisata keluarga yang murah dan sehat. Pengunjung bisa menjalani terapi ikan nila dengan cara merendamkan kaki ke dalam ranu. Terapi itu dinilai efektif untuk mengobati stroke dan membuat pikiran lebih fresh.

Setiap hari ada saja pengunjung yang datang ke Sumber Mata Air Sentong untuk menjalani terapi ikan nila. Terapi ikan memang menjadi jujugan favorit pengunjung jika datang ke destinasi wisata ini.

Hampir 1500 ikan nila disiapkan untuk terapi di salah satu wahana ranu yang menyerupai kolam. Caranya, pengunjung merendamkan telapak kaki hingga mata kaki pada permukaan kolam.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo dan Semeru Kembali Dibuka, Wisatawan Harus Patuh Protokol Kesehatan

Tentu saja, pijat ala mulut-mulut ikan itu membuat pengunjung rileks, geli hingga histeris. Terapi itu dipercaya bisa mengobati stroke dan membuat pikiran fresh, terutama bagi lansia.

Usai terapi nila merah, pengunjung bisa menikmati wisata jelajah ranu menggunakan perahu tarik. Air ranu yang tenang menambah suasana rileks bagi pengunjung.

Destinasi wisata yang berada di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo itu, dulunya adalah rawa eceng gondok kumuh.

Pada awal masa pandemi Covid-19, sekelompok pemancing yang kehilangan pekerjaan utamanya pasca dirumahkan oleh perusahaan masing-masing, bekerja bakti membersihkan eceng gondok dan memoles ranu sebagai objek wisata.

Salah satu pengelola sumber mata air sentong, Edi Sunarko, mengaku dengan wisata alam itu ia bersama teman-teman lainnya memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain terapi ikan dan perahu tarik, objek wisata itu juga menjadi jujugan pemancing dan tempat bermain anak. Cukup merogoh kocek 20 ribu rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati wisata murah dan sehat.

 

#WisataAlam #WisataRanu #TerapiIKan #IkanNila #RawaEcengGondok



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x