Kompas TV religi beranda islami

Kisah Hentakan Kaki yang Membuat Gunung Bergetar atas Izin Allah

Senin, 27 September 2021 | 17:27 WIB
kisah-hentakan-kaki-yang-membuat-gunung-bergetar-atas-izin-allah
Gunung Marapi di Sumatera Barat. (Sumber: shutterstock/Muhammad Dadang Kurnia)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana kisah sebuah hentakan dari kaki seseorang bisa membuat sebuah gunung bergetar hebat?

Kisah bergetarnya sebuah gunung terdapat dalam kitab ‘uyun al-Hikayat Min Qashas as-Sholihin wa Nawadir az-Zahidin karya Ibnul Jauzi. Ini merupakan sebuah kitab klasik yang begitu ternama dan berisikan kisah-kisah para alim, sufi dan hikmah penuh keajaiban.

Suatu hari seorang alim bernama Ibrahim bin Adham bersama para sahabatnya di sebuah gunung. Para sahabat mengakui Ibrahim bin Adham seorang yang saleh dan memiliki karamah (keajaiban).

Salah satu dari mereka ada yang berkata.”Si Fulan menuang air di lentera. Lalu lentera itu  (Tanpa pakai minyak/api) menyala semalaman dan tidak pernah padam,” tuturnya.

Lalu Ibrahim pun menimpali.”Seandainya seorang hamba yang jujur berkata kepada gunung,’lenyaplah. Niscaya gunung itu akan lenyap’,” tuturnya.

Ibrahim mengatakan hal itu seraya menghentakkan kakinya ke tanah.

Tiba-tiba gunung itu bergetar hebat. Apakah ada gempa? Para sahabat yang ada di situ ketakutan.

Ibrahim bin Adham pun menghentakkan kembali kakinya ke tanah sekali lagi sambil berkata,”Tenanglah Gunung, saya melakukan ini hanya untuk memberi contoh sahabat-sahabatku.”

Seketika itu, gunung tersebut diam  dan tidak bergetar lagi.

Baca Juga: Kisah Makam Keramat Dikunjungi Ribuan Orang, Ternyata Isinya Keledai Belaka

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19