Kompas TV nasional sosok

Sosok Azis Syamsuddin dari Buku yang Dia Tulis: Ahli Hukum, Nasionalisme dan Semangat Muda

Senin, 27 September 2021 | 10:31 WIB
sosok-azis-syamsuddin-dari-buku-yang-dia-tulis-ahli-hukum-nasionalisme-dan-semangat-muda
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Menggunakan Rompi Tahanan KPK, Sabtu (25/9/2021) (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Selain sebagai anggota DPR dengan posisi wakil ketua, sosok Azis Syamsuddin juga memiliki latar belakang akademisi dan intelektual, terutama bidang hukum.

Setidaknya, Azis pernah menelurkan dua buku hukum yang hingga kini cukup banyak dibaca bahkan sering dikutip, yaitu buku Tindak Pidana Khusus yang diterbitkan oleh Sinar Grafika. Buku setebal 304 halaman ini sudah dicetak lebih dari satu kali, yang menunjukkan cukup banyak peminatnya.

Simak saja marketplace seperti Bukalapak, shopee, Lazada dan Tokopedia, semuanya menjual buku karya politikus partai Golkar ini.   


Dalam buku yang terdiri dari delapan bab tersebut,  Azis memaparkan seluk beluk tindak pidana khusus mulai dari sejarah hingga bentuk-bentuk tindak pidana khusus.

Azis memaparkan, tindak pidana khusus yaitu Pidana Korupsi, Pencurian Uang (Money Laundering), Pidana Pembalakan Hutan Secara Liar (Illegal Logging),  Pidana Perpajakan dan  Pidana di Bidang Perikanan (Illegal Fishing). Tidak heran, buku Azis sering dikutip di beberapa makalah.

Buku lain yang ditulis Azis adalah Teknik dan Proses Penyusunan Undang-undang. Seperti namanya, buku ini memaparkan proses pembentukan undang-undangan.

Dalam pengantar buku ini disebutkan, "Pembentukan Undang-Undang (UU) melalui fungsi legislasi DPR RI merupakan bagian dari pembangunan hukum, khususnya pembangunan materi hukum. Untuk menjamin agar pembangunan materi hukum dilaksanakan secara terarah, menyeluruh, dan terpadu, DPR RI dan Presiden RI secara bersama-sama menyusun suatu program legislasi nasional (Prolegnas), yang didasarkan pada Visi dan Misi Pembangunan Hukum Nasional".

Baca Juga: MAKI Curiga Azis Syamsuddin Miliki Keterlibatan dengan Kasus Suap Lain

Buku yang diterbitkan pada 2011 itu, juga banyak dijual di marketplace. 

Ketika dipilih sebagai Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesa) periode 2008-2011, Azis juga menerbitkan dua buah buku tentang pemuda dan nasionalisme.

Penulis : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19