Kompas TV nasional peristiwa

Jelang PON XX Papua, BNPB Siapkan Ratusan Relawan untuk Penguatan Disiplin Prokes

Kompas.tv - 27 September 2021, 03:05 WIB
jelang-pon-xx-papua-bnpb-siapkan-ratusan-relawan-untuk-penguatan-disiplin-prokes
Kasubsatgas Kota Jayapura Riswandi (baju oranye) mengawasi dan memberikan informasi mengenai cara mendirikan tenda untuk gerai masker di lokasi venue Kota Jayapura, Minggu (26/92021). (Sumber: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Apri Setiawan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan ratusan relawan protokol kesehatan (prokes) jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Seperti diketahui, ajang olahraga nasional terbesar Indonesia tersebut akan segera bergulir mulai 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Supervisor Satgas Prokes Imam Pramukarno menyebut 125 relawan Prokes ini mendapatkan peningkatan kapasitas dalam persiapan perhelatan PON XX.

Pembekalan yang dilakukan oleh BNPB ini berupa pengetahuan mendirikan tenda yang akan dijadikan gerai masker di beberapa tempat penyelenggaraan. 

"Sebelumnya saya akan memberikan peningkatan kapasitas, agar gerai masker dapat segera dibangun dan bisa berjalan," ujar Imam di Posko Subsatgas Kota Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Imam menuturkan sebagian besar relawan prokes ini terdiri dari para mahasiswa, lembaga dan masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar Kota Jayapura.

Dia menjelaskan, sebelumnya para relawan prokes juga telah menerima pembekalan dengan materi berbeda, meliputi pendekatan kepada masyarakat saat pembagian masker dan penerapan disiplin prokes selama kegiatan PON XX Papua berlangsung.

Baca Juga: Jelang PON XX Papua, TNI-Polri Gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 di 20 Titik Kota dan Kabupaten

Selain itu, mereka juga dilatih untuk menyampaikan imbauan dengan baik dan sopan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin prokes serta menghindari kerumunan. 

Untuk diketahui, adapun tugas para relawan antara lain membagikan masker kepada masyarakat umum, khususnya warga yang akan menyaksikan pertandingan olahraga di berbagai tempat penyelenggaraan PON.

Kemudian, mereka juga diminta untuk mengedukasi masyarakat, dengan menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. 

Selain itu para relawan juga ditugaskan di enam gerai yang tersebar di tempat penyelenggaraan PON, juga di titik-titik yang berpotensi menimpulkan kerumunan.

Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, dia berharapkan para relawan prokes mampu menyampaikan pesan positif yang hendak diberikan kepada para warga masyarakat.

"Melalui pesan positif penerapan disiplin prokes, masyarakat dapat menikmati PON XX Papua dengan aman dan terhindar dari virus Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang PON 2021, Menpora Akan Berkantor di Papua



Sumber : Kompas TV/Laman BNPB


BERITA LAINNYA



Close Ads x