Kompas TV internasional kompas dunia

Islandia Pilih Parlemen Didominasi Perempuan, Termuda dari Partai Bajak Laut yang Antikemapanan

Minggu, 26 September 2021 | 21:33 WIB
islandia-pilih-parlemen-didominasi-perempuan-termuda-dari-partai-bajak-laut-yang-antikemapanan
PM Islandia Katrin Jakobsdottir berbicara kepada media setelah nyoblos di sebuah TPS di Reykjavik, Islandia, Sabtu, September 2010 25 Januari 2021. Warga Islandia memberikan suara dalam pemilihan umum yang didominasi oleh perubahan iklim, dengan perempuan yang terpilih akan menjadi mayoritas di parlemen. (Sumber: AP Photo/Arni Torfason)

REYKJAVIK, KOMPAS.TV - Islandia pada hari Minggu menjadi negara pertama di Eropa yang memiliki lebih banyak perempuan daripada laki-laki di parlemen, seperti dilansir Associated Press, Minggu, (26/09/2021). 

Dari 63 kursi di parlemen Althing, 33 dimenangkan oleh perempuan, atau 52 persen, berdasarkan proyeksi hasil akhir pemilu hari Minggu.

Di antara anggota parlemen yang masuk adalah anggota parlemen tertua dan termuda yang pernah duduk di Islandia: pemilik kedai burger berusia 72 tahun Tomas Tomasson dan mahasiswa hukum berusia 21 tahun Lenya Rún Taha Karim, putri imigran Kurdi yang berasal dari Partai Bajak Laut yang antikemapanan.

"Saya ingin meningkatkan perlakuan Islandia terhadap pengungsi dan pencari suaka," kata Lenya kepada Associated Press, seraya bersumpah untuk berbicara mewakili kaum muda di parlemen. "Gagasan kami perlu didengar lebih banyak."

Di twitternya, Lenya berterima kasih anak muda banyak yang memilih Partai Bajak Laut dan memilih dirinya. Partai Bajak Laut menurut penghitungan suara diperkirakan akan mendapat 6 dari 63 kursi di parlemen Islandia.

Tidak ada negara Eropa lain yang memiliki lebih dari 50 persen anggota parlemen perempuan. Swedia adalah negara yang paling dekat dengan 47 persen anggota parlemennya perempuan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bank Dunia.

Lima negara lain di dunia saat ini memiliki parlemen di mana perempuan memegang setidaknya setengah kursi, menurut Inter-Parliamentary Union: Rwanda (61 persen), Kuba (53 persen), Nikaragua (51 persen) dan Meksiko dan Uni Emirat Arab (50 persen).

Tidak seperti beberapa negara lain, Islandia tidak memiliki kuota legal untuk keterwakilan perempuan di parlemen, meskipun beberapa partai memang mensyaratkan jumlah minimum kandidat perempuan.

Baca Juga: Islandia Coba Ubah Pola Kerja Jadi 4 Hari dalam Seminggu, Hasilnya Sukses

Negara Nordik ini telah lama menjadi pelopor dalam kesetaraan gender dan hak-hak perempuan, dan telah menduduki peringkat teratas Forum Ekonomi Dunia untuk negara-negara paling egaliter selama 12 tahun terakhir.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:55
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19