Kompas TV internasional kompas dunia

Sang Bagaskara Tampilkan Seni Gamelan di Festival Ruido 2021

Minggu, 26 September 2021 | 15:21 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV – Sang Bagaskara adalah kelompok gamelan binaan KBRI Buenos Aires yang beranggotakan warga Argentina, secara rutin menampilkan pertunjukan gamelan di Argentina.

Mereka tampil di Pusat Kebudayaan Kirchner (Centro Cultural Kirchner/CCK) dan menjadi salah satu segmen di Festival Ruido 2021. Sebuah festival yang sangat dinanti-nantikan warga Argentina.

Penonton sangat antusias menonton pertunjukan gamelan ini. Sampai-sampai, 220 tiket yang dijual ludes hanya dalam waktu 18 menit.

Baca Juga: Gamelan Masuk Nominasi Warisan Budaya Unesco 2021, Tempe Juga akan Diajukan

Sisjugo T. Siswojo, penyusun komposisi gamelan jawa klasik menjadi pembuka penampilan Sang Bagaskara. Gending tradicional seperti Manyar Sewu, Puspowarno Minggah Talu, Subokastowo Minggah Srepeg Songo, Bendrong, dan Udan Mas dimainkan dengan indah dan mengundang tepuk tangan dari penonton.

Tak hanya itu, Sang Bagaskara juga melakukan kolaborasi dengan ZYPCE, komposer ternama di Argentina. Mash-up yang mereka buat adalah gabungan komposisi tradisional dan komposisi modern. Keduanya menggabungkan gamelan dengan lagu modern seperti We Will Rock You dari Queen.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Edika ipelona

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19