Kompas TV regional update

Update: Nakes Korban Serangan KST Jalani Perawatan di Jayapura

Kompas.tv - 19 September 2021, 19:31 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Tenaga medis korban penyerangan kelompok separatis teroris Papua di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang Papua, mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura.

Sejak tiba di Jayapura pada Jumat siang para tenaga medis langsung dibawa untuk mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Marthen Indey, Jayapura.

Lima orang yang mengalami luka menjalani perawatan intensif, sementara lima orang lainnya mendapat terapi dari Tim Kodam Cenderawasih untuk memulihkan psikologi para tenaga medis.

Sementara itu, proses evakuasi jenazah korban Gabriela Meilani tertunda menyusul rusaknya helikopter yang akan membawa jenazah akibat ditembak kelompok teroris.

Jenazah Gabriella Meilani berhasil diangkat tim gabungan TNI-Polri dari dasar jurang dengan kedalaman mencapai 300 meter Jumat sore.

Baca Juga: Kapolda Pastikan Salah Satu DPO Tewas Ali Kalora

Namun proses evakuasi menuju Jayapura belum bisa dilaksanakan karena helikopter yang akan digunakan mengalami kerusakan.

Helikopter milik TNI AU diketahui mengalami gangguan mesin setelah ditembak oleh kelompok teroris di Distrik Kiwirok pada Jumat kemarin.

Sementara itu, menurut Komandan Korem 172, Praja Wira Yakthi, Brigjen Izak Pangemanan, motif penyerangan kelompok separatis teroris terhadap nakes di Distrik Kiwirok diduga merupakan aksi balas dendam atas penangkapan dua anggota KST bersama lima pucuk senjata pada awal September lalu.

Danrem juga menegaskan bahwa TNI-Polri akan mengejar kelompok separatis teroris Papua Pimpinan Lamek Taplo dan Menumpas kelompok ini sehingga tidak lagi mengganggu masyarakat ataupun tenaga medis yang bertugas di pedalaman Papua.

Sementara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah bertindak merespon dengan tegas kekejaman kelompok separatis teroris di Papua terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Bambang Soesatyo minta TNI Polri tak ragu menindak KST yang terus melakukan kekerasan kepada warga. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x