Kompas TV regional peristiwa

Motif KKB Serang Nakes dan Fasilitas Umum di Papua adalah Balas Dendam

Kompas.tv - 17 September 2021, 12:25 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Dua orang tenaga kesehatan yang sempat hilang pasca penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Senin (13/9/2021), di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, telah ditemukan.

Dari dua korban penyerangan yang ditemukan di dalam jurang dengan kedalaman 30 meter, salah satunya telah meninggal dunia.

Tim gabungan juga sempat kesulitan mengambil jenazah dari lokasi dan masih terus mencari satu tenaga medis lain yang belum ditemukan bernama Geral Sukoi.

Baca Juga: 2 Nakes yang Lompat ke Jurang Usai Serangan KKB Telah Ditemukan, Salah Satunya Meninggal Dunia

Berdasarkan keterangan dari Komandan Korem 172, Brigjen TNI Izak Pangemanan, motif dari serangan KKB ini merupakan aksi balas dendam lantaran sebelumnya Satgas Pamtas berhasil mengamankan dua orang anggota KKB dan 50 senjata.

Untuk pengamanan ketat, saat ini Kodam Cendrawasih telah mengirimkan satu pleton pasukan dari Yonif 751 menuju ke Distrik Kiwirok. 

Sementara Polda Papua mengirim dua pleton pasukan Brimob untuk membantu melakukan pengejaran teroris.

Diberitakan sebelumnya, kontak senjata antara personel TNI Satgas Pamtas 403/WP dengan KKB terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9/2021) pagi.

Baca Juga: Aksi Longmars dan 1.000 Lilin Sebagai Bentuk Dukacita Atas Tewasnya Nakes Pasca Serangan KKB

Akibat kejadian yang berlangsung sekitar empat jam tersebut, seorang anggota TNI mengalami luka tembak di bagian tangan dan sejumlah fasilitas umum dibakar. 

Fasilitas umum yang dibakar KKB adalah Puskesmas Kiwirok, Kantor Bank Papua Perwakilan Distrik Kiwirok, Kantor Distrik Kiwirok, Sekolah Dasar Kiwirok dan Pasar Kiwirok.


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.