Kompas TV religi beranda islami

Bukan Sekadar Sunnah, Beginilah Kondisi di Hari Kiamat Jika Terbiasa Mandi Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 10:19 WIB
bukan-sekadar-sunnah-beginilah-kondisi-di-hari-kiamat-jika-terbiasa-mandi-hari-jumat
Ilustrasi. Mandi saat jumat ternyata bukan sekadar sunnah. (Sumber: Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mungkin banyak orang yang sudah tahu, mandi pada hari Jumat adalah sebuah sunnah.

Sebuah perbuatan yang jika senantiasa dilakukan akan berbuah pahala dan kebaikan bagi yang melakukannya.

Namun, tahukah jika terbiasa mandi pada hari Jumat, maka sesuatu akan terjadi kepada Anda kelak di Hari Kiamat. Apa itu?

Hal ini dikisahkan dalam kitab Mawaidzh Usfuriyah karya Imam Abu Bakar Al-Ushfuri, ulama yang termasyhur dari Mesir pada abad ke-17 dan kitabnya ini menjadi salah satu kitab yang paling banyak diajarkan di pesantren-pesantren di Indonesia sebab berisi hikmah dan tuntunan hidup agar hidup kian berkah.

Jika Anda terbiasa mandi hari Jumat dan dilakukan dengan ikhlas hanya ingin beribadah kepada-Nya, maka paling tidak ia akan bertemu dengan hal kelak di akhirat maupun di Hari Kiamat.

Pertama, kelak di Hari Kiamat maka tubuhnya akan bercahaya dan menerangi umat manusia.

Rasulullah SAW bersabda:  “Barangsiapa mandi pada hari jumat dengan niat ikhlas, maka kelak di Hari Kiamat semua orang akan melihat tiap helai rambut orang yang mandi itu memancarkan cahaya berkilauan. Cahaya itu pun bakal menerangi padang mahsyar di hari kiamat itu. Tubuh itu akan terlihat paling bersinar di antara makhluk-makhluk lain.”

Baca Juga: Anjuran Baca Ayat Kursi di Hari Jumat

Kedua, ia akan berjumpa manusia dengan mahkota indah di kepalanya dan bakal menolongmu.

Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi:”Hari Jumat akan datang dalam wujud laki-laki/perempuan (sesuai dengan orang itu) mengenakan mahkota. Ia lalu mengucapkan salam kepada orang mandi yang ikhlas itu.’

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:20
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19