Kompas TV religi beranda islami

Anjuran Baca Ayat Kursi di Hari Jumat

Kompas.tv - 10 September 2021, 05:05 WIB
anjuran-baca-ayat-kursi-di-hari-jumat
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia, didirikan pada masa kekuasaan Sultan Iskandar Muda dari Kesultanan Aceh Darussalam, tepatnya 1022H/1612M. Masjid ini menjadi saksi sejarah kehidupan rakyat Aceh dan menjadi pusat pendidikan umat Islam. Mesjid ini tetap kukuh meski pernah diterjang tsunami dahsyat yang melanda Aceh pada tahun 2004. (Sumber: Kompas TV / Syahrudin)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membaca ayat kursi ( yat al-kurs ‎) ternyata begitu dianjurkan pada hari Jumat. Ayat kursi ini yang merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah kerap disebutkan oleh Rasulullah untuk dibaca oleh kita sebagai muslim.

Rasulullah bersabda, ”Tidak ada seorang hamba pun dari umatku yang membaca ayat kursi 12 kali di pagi hari, lalu berwudhu dan melaksanakan sholat subuh, Allah akan menjaga dirinya dari kejahatan setan yang terkutuk.

Hamba (yang mengamalkan) itu juga akan memiliki kedudukan seperti orang yang membaca seluruh Al-Qur’an sebanyak tiga kali. Kelak di hari Kiamat, ia akan diberi mahkota dari cahaya yang menerangi seluruh kota.”

Anas bin Malik pun bertanya, ”Apakah setiap hari kami harus mengamalkannya, wahai Rasulullah?

Baca Juga: Cerita Sufi di Balik Kenapa Allah Menjadikan Hari Jumat Istimewa bagi Muslim

“Tidak,” kata Rasul. ”Cukup setiap Jumat saja. Bahkan, balasan seperti itu akan diberikan kepadamu sepanjang hidupmu meski hanya kaulakukan satu kali di hari Jumat.”

Yuk kita amalkan. Semoga keberkahan Jumat selalu menaungi kita semua. Amin...

Baca Juga: Keberkahan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x