Kompas TV religi beranda islami

Tiga Amalan Sunnah Hari Jumat, Bisa Dilakukan di Rumah atau Kantor

Kompas.tv - 17 September 2021, 09:50 WIB
tiga-amalan-sunnah-hari-jumat-bisa-dilakukan-di-rumah-atau-kantor
Salah satu bentuk dzikir di bulan Ramadhan yaitu dengan membaca Al-Quran (Sumber: Positive Moslem Attitude - Unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi umat muslim, Jumat merupakan hari yang istimewa. Sebuah hari terbaik di antara hari-hari lain dalam kalender kita.

Begitu istimewanya hari Jumat hingga menjadi sayyidul ayyam atau tuan di antara hari-hari lain. Allah SWT pun menebar begitu banyak rahmat pada hari istimewa ini.

Untuk itulah, kita disunnahkan untuk melakukan amalan-amalan guna mendapatkan rahmat dari-Nya. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Ada tiga amalan sunnah sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan keberkahan di hari Jumat ini. Amalan ini bisa kamu lakukan di rumah maupun di kantor.

Pertama, Bersih-bersih diri. Mulai dari potong kuku, potong rambut hingga persoalan membersihkan rumah maupun kantor kita biar lebih rapi.

Baca Juga: Cerita Sufi di Balik Kenapa Allah Menjadikan Hari Jumat Istimewa bagi Muslim

Islam mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang rapi, lebih bersih. Dan Jumat adalah waktu terbaik untuk melakukan amalan-amalan sunnah yang tampak sepele ini, namun memiliki bobot keberkahan yang besar.

Kedua, Bersholawat kepada Baginda Nabi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x