Kompas TV entertainment lifestyle

Jadi yang Termahal, Komik Marvel Amazing Fantasy No.15 Laku Rp 51 Miliar

Kompas.tv - 16 September 2021, 09:42 WIB
jadi-yang-termahal-komik-marvel-amazing-fantasy-no-15-laku-rp-51-miliar
Rumah lelang Heritage Auctions baru saja mencapai tonggak sejarah baru dengan menjual buku komik termahal di dunia Amazing Fantasy No. 15 seharga 3,6 juta dollar AS atau sekitar Rp 51,1 miliar. (Sumber: Heritage Auctions)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil lelang komik pertama yang menampilkan Spider-Man “Amazing Fantasy” No.15 memecahkan rekor terjual seharga 3,6 juta dolar AS atau sekitar Rp 51,1 miliar. 

Komik yang dirilis Marvel pada Agustus 1962 itu terjual dalam lelang yang diadakan Heritage Auction. Padahal pada awal dirilis, "Amazing Fantasy" No. 15 cuma dijual seharga 12 sen atau sekitar Rp 1.714. 

Komik yang ditulis oleh mendiang Stan Lee tersebut menjadi salah satu dari empat salinan komik dengan kualitas peringkat 9,6 dari Certified Guaranty Company.

Hingga saat ini, tidak ada satu pun salinan yang diketahui dalam kondisi lebih baik, dari yang satu ini.

"Buku apa yang lebih baik untuk memecahkan rekor selain debut karakter Marvel yang paling dicintai, Spider-Man?" ujar Wakil Presiden Heritage Auctions, Lon Allen dalam sebuah pernyataa, dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Trailer Spider-Man: No Way Home Pecahkan Rekor Avengers: Endgame dalam 24 Jam

Allen juga mengaku merasa terhormat telah menjadi bagian dari penjualan buku komik paling penting hingga saat ini.

"Dalam 20 tahun saya di Heritage, membawa buku paling mahal ke pasar telah menjadi puncak karir saya," sambungnya.

Salinan dari komik Marvel "Amazing Fantasy" No. 15 tahun 1962 yang menjadi debut Spider-Man itu memecahkan rekor penjualan untuk buku komik sebelumnya, yakni Superman. Komik Superman debut di tahun 1938 dan terjual seharga USD 3,2 juta atau Rp 45 miliar pada awal 2021.

Penjualan komik yang dilakukan pada hari Kamis lalu (9/9/2021), memecahkan rekor penjualan yang sebelumnya terjadi pada Maret 2020 seharga 795.000 dollar AS atau sekitar Rp 11,2 miliar.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x