Kompas TV nasional peristiwa

Pesawat Rimbun Air Jatuh Terbakar di Papua, Diduga karena Cuaca Buruk dan Tabrak Gunung

Rabu, 15 September 2021 | 16:12 WIB
pesawat-rimbun-air-jatuh-terbakar-di-papua-diduga-karena-cuaca-buruk-dan-tabrak-gunung
Pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua diduga karena cuaca buruk, Rabu (15/9/2021). (Sumber: rimbunair.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua diduga karena cuaca buruk dan menabrak gunung.

Sebelum dipastikan jatuh, pesawat yang mengangkut kargo serta tiga awak sempat dinyatakan hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9/2021) pukul 07.37 WIT.

"Dugaan kami cuaca buruk, karena saat kejadian kabut tebal sekali," kata Wadanyonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono, Rabu (15/9/2021).

Perlu diketahui, pesawat seri Twin Otter 300 ini ditemukan di tengah hutan, tepatnya di atas gunung yang berjarak 3,5 kilometer dari Bandara Bilorai, Sugapa.

Pesawat ditemukan dalam keadaan hancur dan terbakar. Adapun pesawat yang membawa sembako dan bahan bangunan ini ditemukan pada pukul 11.00 WIT pada ketinggian 2.400 meter.

Pesawat tersebut tercatat membawa tiga awak, yakni, Hj Mirza selaku pilot, Fajar selaku copilot, dan Iswahyudi selaku enginering.

Menurut Edi, peristiwa jni terjadi lantaran pesawat Cargo Rimbun Air Seri 300 PK OTW batal mendarat karena cuaca berkabut.

Baca Juga: Kronologi Pesawat Rimbun Air Hilang Kontak hingga Ditemukan Hancur Terbakar

Lantas, pesawat kemudian berusaha naik mengambil ke arah kiri bandara. Namun, tidak lama pihak bandara yang berada di landasan mendengar suara keras. Diduga pesawat jatuh usai menabrak gunung.

"Kemudian terdengar suara seperti pohon jatuh yang sangat keras oleh pihak bandara yang berada di landasan. Diindikasi pesawat tersebut menabrak gunung," jelas Edi.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19