Kompas TV internasional kompas dunia

Kontak Erat dengan Staf yang Positif Covid-19, Vladimir Putin Jalani Isoman

Selasa, 14 September 2021 | 22:02 WIB
kontak-erat-dengan-staf-yang-positif-covid-19-vladimir-putin-jalani-isoman
Presiden Rusia Vladimir Putin saat berpartisipasi dalam konferensi video bersama sejumlah perusahaan yang mendirikan Aliansi Rusia untuk Melindungi Anak di Lingkungan Digital di Vladivostok, Rusia, Rabu (1/9/2021). (Sumber: Evgeny Paulin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah kontak erat dengan staf yang terinfeksi virus corona. Juru bicara pemerintah Rusia menyatakan hal tersebut pada Selasa (14/9/2021).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyebut bahwa Putin dalam kondisi sehat dan hasil tesnya negatif Covid-19. Meskipun demikian, karena mengikuti prosedur, ia harus menjalani isolasi mandiri.

Pada Senin (13/9) kemarin, Putin menjalani sejumlah kegiatan. Seorang staf yang menyertai Putin sepanjang hari itu dilaporkan positif terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Vladimir Putin Temui Bashar al-Assad, Bahas Situasi Suriah hingga Kerja Sama Kemanusiaan

Sebelumnya, Putin telah mengungkapkan bahwa ia kemungkinan harus menjalani isolasi. Ini menyusul sejumlah orang dekat presiden berusia 68 tahun itu yang positif Covid-19. Hasil tes positif seorang stafnya pun membuatnya mesti menjalani isoman.

Putin menghadiri sejumlah acara publik pada Senin (13/9) kemarin. Di antaranya menemui atlet paralimpik Rusia, menghadiri latihan militer, dan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad di Kremlin.

“Bahkan di lingkar dekat saya terdapat masalah dengan Covid ini. Kami mesti mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di situ. Saya pikir saya mungkin mesti menjalani karantina mandiri sebentar lagi. Banyak orang di sekitar saya yang sakit,” kata Putin pada Senin (13/9/2021) lalu sebagaimana dikutip Associated Press.

Putin sendiri telah divaksin dengan Sputnik V bikinan Rusia. Meskipun memiliki vaksin sendiri, program vaksinasi Rusia tergolong lambat. Per Jumat (10/9/2021) lalu, negara berpenduduk lebih dari 140 juta jiwa ini baru memvaksinasi 27 persen penduduknya, dengan penerima dosis pertama baru mencapai 32 persen.

Baca Juga: Waduh, Ukraina Ungkap Kemungkinan Perang Besar Lawan Rusia

 

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Makam Dibongkar, Warga Tuntut Ganti Rugi

Selasa, 14 September 2021 | 21:49 WIB
Berita Daerah

Pemuda Nyaris Tewas Tertimbun Tanah

Selasa, 14 September 2021 | 21:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:05
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19