Kompas TV internasional kompas dunia

Vladimir Putin Temui Bashar al-Assad, Bahas Situasi Suriah hingga Kerja Sama Kemanusiaan

Selasa, 14 September 2021 | 19:29 WIB
vladimir-putin-temui-bashar-al-assad-bahas-situasi-suriah-hingga-kerja-sama-kemanusiaan
Bashar al-Assad bertemu Vladimir Putin di Kremlin, Senin (13/9/2021). (Sumber: Publikasi Pemerintah Rusia)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Suriah, Bashar al-Assad di Kremlin, Moskow pada Senin (13/9/2021). Ini adalah pertemuan pertama dua sekutu tersebut setelah terakhir kali pada November 2020.

Waktu itu, Putin bertemu Assad via konferensi video karena pandemi COVID-19. Assad sendiri terakhir bertamu ke Rusia pada 2018 silam.

Dalam pertemuan ini, Putin dan Assad disebut mendiskusikan sejumlah topik, di antaranya situasi politik di Suriah serta kerja sama ekonomi serta kemanusiaan. Putin juga menyelamati Assad atas kemenangannya di pemilu Suriah yang dihelat pada Mei lalu.

"Dengan bekerja sama, kita telah membebaskan sebagian besar wilayah Republik Suriah, menerakan kerusakan yang sangat berat bagi para teroris. Pemerintah Suriah kini mengontrol 90 persen dari wilayahnya," kata Putin kepada Assad sebagaimana dimuat transkrip yang dirilis pemerintah Rusia.

Baca Juga: Putin Ledek AS, Sebut 20 Tahun Perang di Afghanistan Hasilnya Nol dan Tragedi

Bantuan militer Rusia berjasa besar dalam membantu pemerintah Suriah saat perang saudara meletus. Kehadiran Angkatan Udara Rusia pada 2015 disebut membalikkan keadaan perang hingga menguntungkan pemerintah Suriah.

Akan tetapi, konflik yang dimulai pada 2011 itu belum selesai hingga kini. Pemerintah Suriah belum berhasil merebut kembali seluruh wilayahnya yang dikuasai pemberontak.

Situasi bertambah pelik dengan kehadiran pasukan Turki dan Amerika Serikat (AS) di wilayah yang dikuasai oposisi. Putin sendiri mengecam kehadiran pasukan asing di Suriah yang disebutnya ikut campur "tanpa persetujuan PBB ataupun seizin Assad".

Selain itu, Putin dan Assad juga membicarakan penanganan pandemi. Suriah sendiri dilaporkan telah menerima vaksin Sputnik V dan Sputnik Light dari Rusia.

Vladimir Putin merupakan sekutu penting Assad untuk mempertahankan kekuasaan. Presiden Suriah ini menjalani masa jabatan keempat setelah menang pemilu dengan suara mencapai 95%.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:11
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19