Kompas TV regional berita daerah

Pasca Kebakaran Lapas Tangerang, Rutan Makassar Cek Instalasi Listrik

Kompas.tv - 14 September 2021, 13:25 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pasca musibah kebakaran di lapas kelas satu tangerang rutan kelas satu makassar mulai lakukan antisipasi . Pihaknya melakukan pengecekan instalasi listrik yang berada dilingkungan rutan.

Dengan melibatkan petugas PLN rutan kelas satu makassar  melakukan pengecekan di hampir seluruh instalasi listrik rutan. Pengecekan dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran akibat hubungan arus pendek atau kosleting listrik yang kerap jadi pemicu kebakaran   

Selain isntalasi listrik  kesiap – siagaan petugas rutan juga mulai ditingkatkan  sebagai bagian dari mitigasi bencana termasuk kebakaran .

Menurut Rahnianto, upaya yang dilakukan oleh para Kalapas dan KaRutan adalah mendatangkan petugas PLN untuk  mengecek instalasi jaringan listrik di dalam lapas, koordinasi dengan Dinas  Pemadam Kebakaran, terkait alat pemadam api ringan (APAR) yang ada dilapas dan prosedur/tata cara pemadaman jika terjadi kebakaran.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto berterima kasih kepada pihak PLN dan Dinas pemadam kebakaran kabupaten/kota di Sulsel yang dengan cepat telah datang ke Lapas dan melakukan upaya mitigasi risiko kebakaran.

”Kami sudah instruksikan para kalapas dan Karutan agar terus koordinasi dengan pimpinan PLN dan Damkar setempat serta memasang Nomkr Telepon darurat kebakaran pada ruang regu pengamanan," Kata Harun.

Menurut Kakanwil Harun, dari laporan yang diterimanya, ada beberapa Lapas/Rutan  yang petugas dan dan WBPnya sudah dilatih memadamkan api oleh petugas damkar, dan pelatihan ini akan dilakukan di semua Lapas/rutan.


#kebakaranlapas
#tangerang
#lapasmakassar



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x