Kompas TV internasional kompas dunia

9/11: 20 Tahun setelah Serangan 11 September, Kerja Mengungkap Identifikasi Korban Masih Berlanjut

Sabtu, 11 September 2021 | 00:46 WIB
9-11-20-tahun-setelah-serangan-11-september-kerja-mengungkap-identifikasi-korban-masih-berlanjut
Dalam foto bertanggal 21 Desember 2001 ini, tampak sejumlah alat berat tengah membersihkan sisa puing gedung World Trade Center di New York, Amerika Serikat yang runtuh pasca serangan 9/11. (Sumber: AP Photo/Richard Drew, File)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Sisa-sisa jenazah dua orang korban tewas dalam serangan 11 September 2001 di World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat (AS), diidentifikasi pekan ini. Identifikasi itu diumumkan pada Selasa (7/9/2021), beberapa hari menjelang peringatan 20 tahun serangan yang menewaskan lebih dari 3.000 orang itu.

Melansir Associated Press pada Kamis (9/9/2021), para petugas masih terus melanjutkan kerja mengidentifikasi para korban tewas serangan 9/11 demi mengembalikan sisa jenazah pada pihak keluarga.

“Tak peduli berapa lama waktu berlalu sejak 11 September 2001, kami tak akan pernah lupa. Dan kami bertekad untuk menggunakan segala alat dan daya upaya untuk memastikan mereka yang hilang dapat kembali bersama keluarga mereka,” ujar Dr Barbara A Sampson, kepala pemeriksa medis Kota New York.

Baca Juga: 9/11: Bagaimana Serangan 9/11 Menyisakan Pahit dan Luka bagi Warga Afghanistan Kini

Para personel pemeriksa medis telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mencocokkan ribuan bagian jenazah yang ditemukan dari reruntuhan WTC dengan para korban lain yang sudah diketahui. Namun, dalam banyak kasus, para petugas belum dapat mengekstraksi DNA yang dapat digunakan untuk identifikasi.

Seorang petugas tengah menyiapkan serpihan tulang untuk dites DNA di sebuah laboratorium di New York, Amerika Serikat, 15 April 2014. Hingga kini, para ilmuwan forensik terus berupaya mencocokkan serpihan bagian tubuh yang ditemukan dengan DNA untuk mengidentifikasi para korban tewas 9/11. (Sumber: AP Photo/Bebeto Matthews, File)

Pengumuman identikasi pada Selasa lalu itu merupakan yang pertama sejak Oktober 2019. Identifikasi korban pertama mengarah pada Dorothy Morgan dari Hempstead, New York. Morgan menjadi orang ke-1.646 yang  berhasil diidentifikasi menggunakan teknologi DNA terkini.

Selain Morgan, para petugas juga berhasil mencocokkan sisa jenazah yang ditemukan pada 2001, 2002, dan 2006 dengan seorang korban tewas. Namun, pihak keluarganya meminta agar identitas korban tak diungkap ke publik.

Dari seluruh orang yang tewas di WTC, petugas menyebut, sebanyak 1.106 jenazah – jika berhasil ditemukan – belum diidentifikasi.

Baca Juga: 9/11: Bagaimana Serangan 9/11 Membentuk Joe Biden Sebagai Presiden Amerika Serika

Mark Desire, manajer Tim Identifikasi DNA WTC mengatakan dalam konferensi pers virtual pada Rabu (8/9/2021), ia berharap bahwa kemajuan ekstraksi dan pengurutan DNA akan menghasilkan lebih banyak identifikasi.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kondisi Korban Gempa Membaik

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:25 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:38
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19