Kompas TV nasional peristiwa

Kecurigaan Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang: Tembok Bangunan Beton, tapi 1 Jam Hangus

Kompas.tv - 10 September 2021, 21:49 WIB
kecurigaan-keluarga-korban-kebakaran-lapas-tangerang-tembok-bangunan-beton-tapi-1-jam-hangus
Suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021) . (Sumber: Kompas TV/Ant/Handout)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluarga korban membeberkan kecurigaan soal insiden kebakaran Lapas Tangerang. Mereka juga meminta keadilan atas kebakaran yang menewaskan keluarga mereka.

Angelin, tante dari narapidana bernama Petra Eka (25) menuturkan, korban sempat berkomunikasi dengan kawan-kawannya sekitar satu jam sebelum kejadian.

“Terakhir malam itu dia live IG sebelum kejadian kebakaran sekitar 00.30 malam. Ini saya dapat dari kawan-kawan sepermainan dia. Teman dia ada yang live IG dan korban ikut gabung,” tutur Angelin pada KompasTV, Jumat (10/9/2021).

Ia mengatakan, korban tidak mengalami masalah apapun sebelum kejadian kebakaran itu.

Baca Juga: Cerita Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang: Dia Merintih, Ingin Tempat yang Layak

“Dia baik-baik saja. Kondisi lapas saat malam itu susah tidur, jadi lebih baik komunikasi dengan kawan-kawannya,” ujar Angelin.

Berdasarkan keterangan Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti dan Menkumham Yasonna Laoly, kebakaran Lapas Tangerang mulai terjadi pada Rabu (8/9/2021) pukul 01.45 WIB .

Yasonna mengatakan, kurang dari 1,5 jam api di Lapas Tangerang berhasil dipadamkan oleh 12 unit pemadam kebakaran setempat.

Angelin pun membeberkan kecurigaannya terkait waktu kebakaran yang cepat menewaskan keponakannya.

“Gedung lapas itu kan tembok beton. Itu kualitasnya lebih bagus daripada yang sekarang punya. Itu dalam satu jam membumihanguskan blok C2. Dia bukan bangunan kayu,” kata Angelin.

Ia mengaku tidak habis pikir penjara itu dapat hangus dalam waktu satu jam. Ia pun mempertanyakan kehadiran para petugas penjaga lapas.

“Ada asap, kemana petugas? Petugas sedang patroli. Apa petugas tidak punya CCTV untuk lihat?” ucap Angelin.

“Saya tidak tahu karena lapas itu kayak dinasti yang cuma tampak depan, tapi kita tidak tahu di dalam,” imbuhnya.

Di sisi lain, Menkumham Yasonna menyebut Kepala Lapas Tangerang menghubungi pemadam kebakaran setempat 13 menit usai kejadian.

Baca Juga: Mahfud MD Sudah Lama Tahu Overkapasitas Lapas: 1 Kamar Diisi 40 Napi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x