Kompas TV internasional kompas dunia

Klaim Lebih Inklusif, tetapi Tak Ada Representasi Perempuan di Kabinet Taliban

Kompas.tv - 8 September 2021, 21:04 WIB
klaim-lebih-inklusif-tetapi-tak-ada-representasi-perempuan-di-kabinet-taliban
Perempuan Afghanistan berkumpul untuk menuntut hak-hak mereka di bawah pemerintahan Taliban dalam sebuah protes di Kabul, Afghanistan, Jumat, 3 September 2021. Pada Senin, 6 September 2021, mahasiswa kembali ke kampus dengan dilakukan pemisahan antara mahasiswa perempuan dan laki-laki. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban dituding mengingkari janji membentuk pemerintahan yang lebih inklusif usai mengumumkan kabinet interim pada Selasa (7/9/2021). Pasalnya, tidak ada perempuan yang dilibatkan di kabinet tersebut dan kebanyakan pejabat berasal dari etnis Pashtun, kelompok etnis mayoritas di Afghanistan.

Sebagaimana dikutip BBC, Uni Eropa mengkritik susunan kabinet bentukan Taliban. Uni Eropa menyebut kelompok itu mengingkari janjinya yang hendak membentuk pemerintahan “inklusif dan representatif”.

Amerika Serikat (AS) pun menyatakan kekhawatiran atas susunan kabinet interim tersebut. AS menyoroti kabinet yang hanya berisikan anggota Taliban, tanpa perempuan, dan diisi oleh sosok dengan latar belakang “bermasalah”.

“Dunia mengawasi dengan seksama (pemerintahan Taliban)” tulis pernyataan Departemen Luar Negeri AS sebagaimana dilansir Associated Press.

Tokoh “bermasalah” yang disoroti AS, di antaranya, adalah Mullah Mohammad Hassan Akhund, perdana menteri interim yang masuk daftar hitam PBB. Sejumlah pejabat lain pun merupakan sosok yang masuk daftar paling dicari FBI.

Baca Juga: Perempuan Afghanistan Desak Pemimpin Baru Agar Memasukkan Perempuan ke dalam Kabinet

Sebelumnya, Taliban berupaya meyakinkan komunitas internasional dengan janji pemerintahan yang “lebih inklusif dan moderat”.

Dalam pernyataannya ketika membentuk kabinet, Taliban berjanji akan melindungi hak-hak minoritas, kelompok rentan, serta akses pendidikan ke “seluruh warga sesuai syariah”. Namun, perempuan tidak disinggung dalam pernyataan tiga halaman tersebut.

Mengenai tidak adanya partispasi perempuan, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid berkilah bahwa kabinet belum final.

“Mereka masih berstatus pelaksana tugas. Kami akan mencoba untuk merangkul kelompok lain di seluruh negara,” kata Mujahid sebagaimana dikutip Kompas.com.

Di lain sisi, Mujahid mengklaim bahwa pemerintahan Taliban “mewakili seluruh Afghanistan”.

“Perjuangan kami didasarkan pada kepentingan seluruh Afghanistan. Kami bukanlah bangsa yang terdiri dari satu suku atau etnis,” kata Mujahid sebagaimana dilansir CNN.

Masa jabatan kabinet interim tidak diumumkan. Namun, Taliban menyebut bahwa mereka segera membentuk pemerintahan tetap.

Baca Juga: Mahasiswa Afghanistan Kembali ke Kampus dengan Partisi untuk Pria dan Wanita

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x