Kompas TV nasional viral

Viral! Mahasiswa Ini Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman

Kompas.tv - 3 September 2021, 20:06 WIB
viral-mahasiswa-ini-lulus-sarjana-dengan-skripsi-37-halaman
Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil membuat skripsi berjumlah 37 halaman. (Sumber: Instagram/@dika_rama98)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skripsi seorang mahasiswa bernama Nurfa Rama Dika menjadi sorotan di media sosial. Dika menyelesaikan skripsi dengan 37 halaman saja.

Dilansir campuspedia, Nurfa Rama Dika mengunggah sebuah video di akun Tiktok-nya @dika_rama98 pada Senin (23/8/2021).

Dika merupakan mahasiswa lulusan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), baru saja menyelesaikan studinya sehari sebelum liburan Iduladha bulan Juli 2021 lalu.

Skripsi yang dibuat Nurfa Rama Dika berjudul Pengaruh Level dan Cara Pemberian Madu terhadap Kadar Lemak Abdomen dan Lemak Daging Puyuh Jantan.

Rupanya skripsi yang disusun Dika hanya sebanyak 37 halaman sudah termasuk cover hingga halaman daftar riwayat hidup.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa UII dan UNS Mengikuti Rangkaian Kampus Kompas TV

Jika dijabarkan secara mendetail, skripsi tersebut terdiri dari 1 halaman sampul, 2 lembar pengesahan, 1 lembar pernyataan, 2 lembar pustaka, 1 lembar daftar isi, 1 lembar daftar tabel, 1 lembar daftar lampiran, 2 lembar abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 2 lembar bab 1 pendahuluan. 

Sebanyak 4 lembar bab 2 tinjauan pustaka, 6 lembar bab 3 metode penelitian, 6 lembar bab 4 pembahasan, 1 lembar bab kesimpulan dan saran, 3 halaman daftar pustaka, 2 lembar daftar lampiran, 2 lembar tentang penulis dan 1 halaman kosong di bagian paling belakang.

Postingan Nurfa Rama Dika di TikTok ini tentu mengundang banyak tanya netizen. Ada pula netizen yang membandingkan halaman skripsi mahasiswa di kampus lain dengan jumlah hingga ratusan halaman.

Hal ini karena ketentuan minimuman skripsi di kampus biasanya sekitar 50-70 halaman.

Dika pun menjelaskan, peraturan di kampusnya yang tidak membatasi jumlah minimal halaman skripsi karena penelitiannya bersifat eksperimen. 

Baca Juga: Viral Video Gua Berisi Emas di Sumut, Camat dan Geolog Buka Suara

"Kalau di kampus saya sih enggak dibatasi karena penelitian saya eksperimen. Jadi seadanya dan tergantung jurusan juga Kak," tulis Dika salah satu balasan komentar.

Dika juga membagikan tips penulisan skripsi agar tidak bingung dalam pengerjaan. Ia menuturkan, mahasiswa bisa memulai penulisan skripsi dengan mencari referensi jurnal yang berkaitan dan yang sesuai dengan hasil penelitian, baru menuliskannya ke dalam skripsi.

Dia menekankan, yang perlu dicatat adalah pembahasan tersebut jangan sampai keluar dari kajian teori bab II.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x