Kompas TV nasional berita utama

Resmikan Bendungan Way Sekampung di Lampung, Ini Harapan Jokowi

Kompas.tv - 2 September 2021, 15:57 WIB
resmikan-bendungan-way-sekampung-di-lampung-ini-harapan-jokowi
Presiden RI Joko Widodo (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung yang berada di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis (2/9/2021). 

Jokowi menuturkan bendungan yang dibangun sejak 2016 ini, menelan biaya Rp 1,78 triliun. 

"Alhamdulillah Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan," kata Jokowi seperti yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis. 

Jokowi menuturkan bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik dengan luas genangan 800 hektar.

Jokowi juga menjelaskan, bendungan ini multi fungsi, karena digunakan untuk irigasi, air baku, pembangkit listrik, serta pengendalian banjir.

"(Bendungan Way Sekampung) mampu mengairi 55 ribu hektar daerah irigasi existing dan 17.500 daerah irigasi baru. Artinya ini ada ekstensifikasi," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Kamis (2/9/2021) (Sumber: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

 Baca Juga: Hari Ini Presiden Jokowi di Lampung akan Resmikan Bendungan Way Sekampung dan Cek Vaksinasi

"Dan menyediakan air baku hingga 2,737 liter perdetik, dan sebagai sumber pembangkit listrik 5,4 megawatt, serta bagi pengendali banjir," ucapnya. 

Presiden mengharapkan dengan adanya bendungan ini, intensitas tanam dapat meningkat menjadi tiga kali setahun dari sebelumnya dua kali setahun, sehingga produksi pangan akan terus bertambah.

"Artinya produksi dipastikan akan meningkat dan kita harapkan kesejahteraan petani juga akan meningkat," katanya. 

Bendungan ini, lanjut Jokowi akan berfungsi dengan optimal untuk mendukung produktivitas pertanian, jika disambung dengan sistem irigasi yang tertata dengan baik. Mulai dari saluran irigasi primer, irigasi sekunder, irigasi tresier, sampai ke kuarter.

"Kita berharap bendungan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat kabupaten Pringsewu dan sekitarnya dalam rangka mendukung produktivitas petani, membantu masyarakat yang kesulitan air bersih, serta mengurangi kerugian masyarakat akibat adanya banjir," ucap dia. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Janji Bakal Perbanyak Stok Vaksin Covid-19 untuk Lampung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x