Kompas TV regional berita daerah

Ekspedisi Merah Putih Merajut Pulau Terluar Indonesia

Kompas.tv - 1 September 2021, 12:48 WIB
Penulis : KompasTV Manado

TALAUD, KOMPAS.TV- TNI AL Lantamal Delapan bersama Pemerintah dan warga  membentangkan serta menancapkan Bendera Merah Putih di perbatasan Indonesia dan Philipina tepatnya di pulau Miangas Selasa pagi. Ekspedisi Merah Putih merajut pulau terluar Indonesia untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada warga pulau terluar.

 

Pembentangan Bendera Merah Putih berukuran 20 x 30 meter dilakukan di tanjung Jokowi sebagai bentuk penghargaan kepada pahlawan yang telah gugur untuk mempertahankan pulau Miangas dari penjajahan. Sedangkan penancapan Bendera Merah Putih di lakukan di titik nol yang merupakan titik dasar untuk mengukur wilayah  laut mulai dari laut territorial,  zona ekonomi eksklusif dan landas kontinen.

 

Danlantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, pada kesempatan tersebut mengatakan tujuan paling penting  kegiatan ini  adalah paling utama untuk mempertebal rasa nasionalisme serta menegaskan bahwa pulau ini adalah kedaulatan NKRI yang resmi sehingga tidak boleh ada negara manapun yang mencoba-coba untuk mengambilnya.

 

Pembentangan dan penancapan bendera merupakan tindak lanjut dari upacara bendera dalam rangka HUT Proklamasi yang sebelumna sudah dilaksanakan di pulau Miangas.

 

Pembentangan bendera di tanjung Jokowi sebagai bentuk ekspresi dari masyarakat perbatasan yang betul-betul cinta kepada NKRI dan selalu bertekad untuk menjaga kedaulatan NKRI. Pada kesempatan tersebut TNI AL mengerahkan kapal perang dan pesawat udara untuk melakukan patroli di wilayah perbatasan sekaligus mendukung seluruh kegiatan yang berlangsung di pulau Miangas.

#kompastvmanado #lantamal8 #pemkabtalaud

Aldy Pascoal Kompas tv Talaud

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x